BKD Kaltara Mulai Melakukan Penilaian Kinerja Aparatur

id Pemprov

BKD Kaltara Mulai Melakukan Penilaian Kinerja Aparatur

Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Utara mulai melakukan penilaian kinerja perangkat daerah dan individu Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltara.

"Hal tersebut sebagai upaya peningkatan kinerja ASN di lingkungan Pemprov Kaltara," kata Plt Kepala BKD Kaltara, Andi Amriampa di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Perhitungan nilai kinerja ASN ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan BKD Provinsi Kaltara untuk mengetahui kapasitas standar kinerja ASN, serta untuk menciptakan lingkungan pelayanan publik yang baik terhadap masyarakat.

Andi Amriampa mengatakan, penilaian kinerja perangkat daerah dan individu ini akan menilai berbagai aspek standar kinerja ASN.

“Instrumen penilaian individu adalah indeks profesionalitas ASN yang terdiri dari kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin,” kata Andi Amriampa.

Ia menjelaskan, kegiatan ini berpedoman pada Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Kalimantan Utara Nomor 23 Tahun 2022 tentang Penilaian Kinerja Perangkat Daerah dan Kinerja Individu.

Di pasal 8 disebutkan tim penilaian kinerja ini di antaranya inspektorat, BKD dan biro organisasi.

Hal ini merupakan komitmen Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dalam menciptakan lingkungan kerja yang disiplin dan ramah terhadap pelayanan publik.

"Dari penilaian-penilaian yang kita dapatkan nanti juga akan ada evaluasi terhadap kinerja ASN. Tujuannya agar ASN ini dapat bekerja sesuai standar kompetensinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, penilaian kinerja individu sendiri merupakan penilaian kondisi objektif dan terukur meliputi lima aspek. Seperti kinerja, disiplin, inovasi, penghargaan dan kepatuhan terhadap tertib data kepegawaian.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada semua ASN Pemprov Kaltara agar dapat bekerja sesuai aturan dan menjaga kedisiplinan serta telaten.

“Kepada seluruh ASN Kaltara agar melengkapi data diri khususnya pada aspek kompetensi, sehingga tergambar indeks profesionalitas ASN masing-masing individu yang arahnya menjadi data dukung kinerja perangkat daerah,” kata Andi Amriampa.
Baca juga: Kaltara Juara Umum Inovasi TTG Nusantara XXV
Baca juga: Sidang ke 26 Sosek Malindo, Fokus Peningkatan Kesejahteraan di Kawasan Perbatasan Negara