Polda Kaltara laksanakan Tactical Floor Game (TFG) sambut Pilkada 2024

id Polda

Polda Kaltara laksanakan Tactical Floor Game (TFG) sambut Pilkada 2024

Polda Kaltara laksanakan Tactical Floor Game (TFG) sambut  Pilkada 2024 (Humas Polda)

Tanjung Selor (ANTARA) - Dalam upaya mempersiapkan pengamanan yang optimal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Wilayah hukum Polda Kaltara, Maka Polda Kaltara menggelar Tactical Floor Game (TFG) sebagai bagian dari Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja 2024.

Tactical Floor Game ( TFG ) merupakan salah satu permainan taktis operasional Polri. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Rupatama Kayan Mapolda Kaltara pada Jumat (23/08/2024) pukul 08.30 Wita.

Kegiatan TFG ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltara Irjen Pol. Hary Sudwijanto S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsasi S.H.,S.I.K.,M.H, Karo Ops Kombes Pol. Yohanes Jalung Siram S.I.K, Kasintel Korem 092/MRL Kolonel Arhanud Abraham Kalelo, PJU Polda Kaltara, Kapolresta Bulungan, Perwakilan Danlantamal XIII Tarakan, Perwakilan Lanud Tarakan, Komandan Denpom VI/3 Bulungan Letkol CPM Abdul Rouf Asmuni, Ketua KPU Kaltara, Ketua Bawaslu Kaltara, Perwakilan Sat. Pol PP Kaltara, Perwakilan Kesbangpol Kaltara dan Personil Satker Polda Kaltara.

Kapolda Kaltara menyatakan bahwa pelaksanaan TFG ini merupakan langkah penting dalam menyamakan persepsi serta meningkatkan koordinasi diantara seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada. Kapolda Kaltara juga menegaskan komitmennya dalam menjaga kelancaran dan keamanan Pilkada 2024.

“TFG ini kami lakukan untuk memastikan kesiapan setiap satuan tugas dalam menghadapi tahapan dan situasi yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada, sehingga kami dapat menjaga situasi yang kondusif di wilayah Kalimantan Utara. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel kami sehingga kami dapat merespon dengan cepat dan tepat terhadap setiap situasi di lapangan,” ujar Kapolda Kaltara.

Dalam kegiatan TFG, berbagai skenario potensi gangguan keamanan selama Pilkada 2024 diperagakan secara rinci, mulai dari tahap pendistribusian logistik Pilkada, Pengamanan Kampanye, Pemungutan dan penghitungan suara hingga tahap penetapan hasil Pilkada. Dalam kegiatan tersebut, disampaikan paparan baik dari penyelenggara Pemilu ( KPU ) maupun dari Kasatgas Operasi Mantap Praja yang ada di internal Polda Kaltara.

Setiap satuan tugas di bawah Polres/ta jajaran dilibatkan secara aktif untuk memperagakan langkah-langkah pengamanan yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab masing-masing.

Disisi lain, dengan kegiatan TFG ini mampu menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas dan koordinasi selama pelaksanaan Pilkada berlangsung baik antara penyelenggara Pemilu ( KPU dan Bawaslu ) dengan Polda Kaltara dan Unsur TNI.

Baca juga: Kapolda Kaltara hadiri Upacara Penyambutan Satgas Pamtas RI-Malaysia
Baca juga: Polda Kaltara Fasilitasi Assessment Center Jabatan Pimpinan TinggiPratama Pemprov. Kaltara2024
Baca juga: Kapolda Kaltara buka Festival Budaya Irau ke-7 untuk Memperingati HUT Kabupaten Tana Tidung ke-17