Tarakan (ANTARA) - Pjs (Pejabat Sementara) Gubernur Kalimantan Utara mengundang Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah)  dalam ajang silaturahmi dan mengingatkan tentang 
potensi kerawanan dalam Pilkada (Pemilu kepala daerah)  2024.

"Keamanan wilayah Kalimantan Utara sebagai wilayah yang aman dan kondusif untuk pelaksanaan Pilkada 2024, namun tetap perlu waspada dan deteksi dini antisipasi gangguan," kata Pejabat Sementara Gubernur Kalimantan Utara Togap Simangunsong di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa. 

"Perlu antisipasi terhadap potensi gangguan keamanan pasca Pilkada, terutama terkait tahapan perselisihan di MK dan pergantian pejabat," katanya. 

Hal tersebut merupakan pembahasan pada silaturahmi dengan Forkopimda Provinsi Kaltara.


Ia juga mengingatkan tentang perlu penguatan peran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Bawaslu, dan intelijen dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

"Serta koordinasi antar lembaga dengan pembentukan Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada dengan melibatkan Sekda sebagai ketua menunjukkan adanya koordinasi yang baik dan matang antar lembaga terkait," kata Togap.

Pengalaman dari Pilkada sebelumnya dapat dijadikan pelajaran untuk mengantisipasi potensi masalah dan meningkatkan kesiapan.

Kemudian perlu kehati-hatian dalam menanggapi momentum politik yang dinamis selama masa kampanye.

Pada Pilkada serentak 2024 ada tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yakni nomor urut satu pasangan Brigjen TNI (Purn.) Sulaiman S.Sos.,M.H.,M.M - Prof. Dr. Adri Patton, M.Si, nomor urut dua paslon Dr. H. Zainal A Paliwang, S.H.,M.Hum - Ingkong Ala, S.E., M.Si dan nomor urut tiga paslon
Dr. Yansen TP, M.Si - Mayjen TNI (Purn.) H. Suratno, S.I.P.,M.I.Pol.

Anggota Forkopinda yang hadir, yakni Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, Kepala Kesbangpol Kaltara Abdul Djalil, dan Danlanud Anang Busra Tarakan Kol. Pnb. Bagus Haryadi. 

Hadir pula Kasrem Korem 092/Mrl Kol. Inf. Denny, Danlantamal XIII Tarakan Kol. Laut (P) James F.G. Siagian, KBO Binda Kaltara Letkol Chb Ervan Rusnandar dan Ketua Sementara DPRD Kaltara Jufri Budiman.
 

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024