Tarakan (ANTARA) - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tarakan Sutarno bersama jajaran pejabat struktural meninjau dan menyapa ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di blok hunian, Senin (14/10).

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kalapas Sutarno seraya memastikan kondisi para WBP yang sehat blok hunian hingga memberikan motivasi.

"Terimakasih para saudara-saudara sekalian atas waktunya hari ini. semoga semua dalam keadaan sehat. melalui pertemuan ini diharapkan menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi bagi kita antara WBP dan Petugas dalam membangun sinergi menciptakan situasi Lapas yang aman, tertib dan kondusif," kata Sutarno.

Salah satu yang dia sampaikan adalah terkait beragam program pembinaan kepribadian dan kemandirian agar para WBP dapat secara aktif mengikuti seluruh program yang telah disusun

"Kami senantiasa berpesan kepada saudara-saudara agar bersama mendukung program-program yang berjalan di Lapas ini, misalnya program Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar)," katanya.

Selain itu, Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyeludupan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama Aparat Penegak Hukum (APH) terkait agar semua dapat benar-benar menciptakan sistem pemasyarakatan yang baik dan tertib.

"Apabila saudara sekalian telah menjalankan seluruh kewajiban selama berada di Lapas, Maka seluruh hak akan diperoleh sesuai dengan regulasi dan aturan yang berlaku," kata Kalapas.

Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah jajaran Lapas Tarakan dalam senantiasa membuka komunikasi yang baik kepada para WBP, sehingga dapat memberikan kontribusi mendukung kondusifitas kamtib yang telah tertuang pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Keamanan dan Ketertiban pada Satuan Kerja Pemasyarakatan.
Baca juga: Lapas Tarakan Gelar Pelatihan Produksi Amplang
Baca juga: Lapas Tarakan Miliki Izin Operasional Klinik Pratama dan Dapur Halal
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024