Disdikbud akan Nilai 20 UKS

id Pengembangan UKS,pendidikan, Kaltara

RAKER UKS : Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono kala menghadiri Raker Tim Pembina UKS Provinsi Kaltara, baru-baru ini. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus berupaya memperjuangkan peningkatan kualitas pendidikan yang ada. Salah satu caranya dengan melakukan pembinaan dan pengembangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di tiap penyelenggara pendidikan di Kaltara.

Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono menyebutkan, didalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan Sekolah, dipaparkan bahwa kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan sekolah sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. "Dengan kata lain, UKS ini dinilai mampu meningkatkan mutu pendidikan, prestasi belajar, perilaku hidup bersih dan sehat, juga lingkungan yang sehat," kata Sigit.

Guna optimalisasi program UKS tersebut, baru-baru ini Tim Pembina UKS Provinsi Kaltara menggelar rapat kerja dengan Guru Pembina UKS kabupaten dan kota se Kaltara. "Sasaran UKS ini, adalah peserta didik, guru, pamong belajar, tutor, pengelola, lembaga pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan dan lingkungan (sekolah, keluarga dan masyarakat)," jelas Sigit.

Rencananya, tahun ini akan ada penilaian bagi UKS yang ada. Jumlahnya, 20 UKS mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). "Ada 10 indikator akan dinilai. Di antaranya, kebersihan sekolah, perilaku hidup bersih dan sehat, dan lainnya," ulas Sigit. Pemenang dari tiap jenjang pendidikan, yakni peringkat pertama, akan disertakan sebagai wakil Kaltara pada lomba serupa di tingkat nasional.

RAKER UKS : Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono kala menghadiri Raker Tim Pembina UKS Provinsi Kaltara, baru-baru ini. (humasprovkaltara)
Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar