Polisi kerahkan anjing pelacak periksa barang penumpang mudik

id Anjing pelacak nunukan

Kepala KSKP Tunon Taka Kabupaten Nunukan, AKP Eka Berlin

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Kepolisian Resor Nunukan, Kaltara akan mengerahkan anjing pelacak untuk memeriksa barang bawaan penumpang saat arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Demikian diungkapkan Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Tunon Taka Kabupaten Nunukan, AKP Eka Berlin di Nunukan, Sabtu.

Eka Berlin mengutarakan ini atas kesepakatan bersama pada rapat dengan instansi terkait menyambut bulan suci Ramadan 1439 H di Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Nunukan tiga hari lalu.

Pengerahan anjing pelacak ini untuk membantu aparat kepolisian setempat memeriksa barang bawaan penumpang khususnya TKI dari Negeri Sabah, Malaysia yang akan mudik lebaran.

Ia mengungkapkan, pemeriksaan barang penumpang akan diperketat mengantisipasi adanya barang terlarang seperti narkoba dan bahan peledak dan lain-lainnya yang dikhawatirkan dari negara tetangga.

Kepala KSKP Tunon Taka Nunukan ini menambahkan, saat ini Polres Nunukan memiliki dua ekor anjing pelacak dipastikan dikerahkan pada saat arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini bersama anjing pelacak milik bea cukai Nunukan.

Pengetatan pemeriksaan barang penumpang tersebut juga telah dilakukan pada arus mudik lebaran tahun sebelumnya, kata dia.

Sesuai kesepakatan dengan instansi terkait, arus mudik diperkirakan mulai berlangsung H-15 lebaran Idul Fitri 1439 H.

Namun pantauan di Pelabuhan Internasional Tunon Taka, TKI dari Malaysia mulai pulang ke kampung halaman menyambut Ramadan yang bertepatan dengan tahun ajaran baru.

Jumlah armada kapal yang akan melayani arus mudik di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan diperkirakan lima unit yakni dua kapal milik PT Pelni dan tiga kalal swasta yakni KM Thalia, KM Queen Soya dan KM Cattleya Ekspres.

Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar