35 Putra-Putri dari Kaltara Ikuti Studi ke Tiongkok

id Studi,Tiongkok,Pelajar,Pelepasan, mahasiswa

PELEPASAN : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama calon mahasiswa asal Kaltara yang akan berkuliah di Tiongkok melalui program beasiswa ITCC, Sabtu (22/9) sore. (humasprovkaltara)

Surabaya (Antaranews Kaltara) - Sebanyak 35 calon mahasiswa asal Kalimantan Utara (Kaltara) akan menempuh studi di sejumlah perguruan tinggi di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie turut hadir langsung acara pelepasan mahasiswa yang disekolahkan melalui program beasiswa Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITCC) itu, Sabtu (22/9) sore.

Gubernur mengatakan, program beasiswa ini memberikan dampak positif bagi anak-anak di Indonesia, khususnya Kaltara. Pasalnya, provinsi termuda ini sedang mengembangkan sumberdaya manusia. "Tahun ini kita mengirimkan 35 calon mahasiswa asal Kaltara, yang sebagian besar berasal dari wilayah perbatasan," jelas Irianto di sela pelepasan yang dilangsungkan di Gedung Graha Pena Surabaya itu.

Dikatakan, banyaknya lulusan SMA asal Nunukan yang melanjutkan pendidikan ke Tiongkok melalui Yayasan ITCC, karena telah mengikuti seleksi. "Perlu dipahami oleh semua orangtua di Kaltara yang ingin anaknya ikut program ini, bahwa semua yang lolos harus ikut seleksi. Untuk itu, harus rajin belajar," ujarnya lagi.

Program kuliah ke Tiongkok yang digagas Dahlan Iskan, memberikan kesempatan yang besar kepada anak-anak di Benuanta-sebutan Kaltara-dianggap Irianto sebagai langkah yang bagus. Karena itu, dirinya menyatakan akan memperkuat kerja sama dengan Yayasan ITCC.

Pada kesempatan itu, Irianto juga berpesan kepada anak-anak Kaltara yang dikirim kuliah ke Tiongkok agar tidak hanya membawa misi pribadi dalam menempuh pendidikan. "Tapi perlu diingat, mereka adalah duta bangsa, duta daerah. Jadi harus mampu menjaga nama baik bangsa dan Kaltara," pesannya.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar