Kaltara potensi jadi pintu masuk wisman

id bi kaltara, sektor pariwisata, tarakan, rusman

Kaltara potensi jadi pintu masuk wisman

Kajian ekonomi keuangan regional yang dihelat BI Kaltara di Tarakan, Selasa (25/9).

Tarakan (Antaranews-Kaltara) - Provinsi Kalimantan Utara berpotensi menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara karena berada di perbatasan antar negara di sebelah utara Indonesia.
Hal ini dikemukakan, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltara, Hendik Sudaryanto saat menghelat Kajian Ekonomi Keuangan Regional dalam menumbuhkan perkonomian Kaltara di Tarakan, Selasa.
Keberadaan Kaltara sebagai pintu gerbang Indonesia di bagian utara sangat berpotensi mendatangkan wisatawan dari negara-
negara di Utara seperti Tiongkok, Filipina, Hongkong dan lain-lainnya.
Menurut dia, secara geografi Kaltara cukup unik dengan keunggulan pada kondisi hutan yang memiliki kekayaan flora dan fauna.
Selain itu budaya yang beragam juga memperkaya potensi keindahan alam tersebut di daerah tersebut.
Hendik Sudaryanto menerangkan, sejumlah destinasi wisata unggulan di Kaltara yang sangat potensial dalam kategori yang beragam mulai dari desa wisata, sejarah sampai dengan dan wisata budaya.
Namun tetap ada sejumlah tantangan yang perlu dihadapi dalam mendorong pariwisata Kaltara yaitu dukungan
infrastruktur konektivitas dan peningkatan kualitas SDM.
Hendik menegaskan, sesuai hasil simulasi riset "growth" strategi yang telah dilakukan, menunjukkan sektor pariwisata dapat dikembangkan lebih baik lagi.
Sektor pariwisata dapat memberikan peningkatan PDRB sebesar 0,28 persen, ekspor sebesar 0,53 persen dan tenaga kerja sebesar 0,08 persen, beber dia.
"Hal ini memperlihatkan bahwa pariwisata dapat menjadi sumber pendorong PDRB bagi Kalimantan Utara," ujar Hendik.