PKK Kaltara Komitmen Wujudkan Program Mendagri

id PKK, Kaltara, Jambore, Nasional

PKK Kaltara Komitmen Wujudkan Program Mendagri

TEMU PKK : Ketua TP PKK Kaltara, Rita Ratina, menghadiri acara Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019 di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Rabu (25/9) lalu. (humasprovkaltara)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Utara Rita Ratina Irianto Lambrie menghadiri pembukaan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019 di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Rabu (25/9) lalu. Kegiatan yang bertemakan “Tingkatkan kinerja kader PKK melalui Pengelolaan Administrasi PKK” tersebut dibuka oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dan Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Acara yang diikuti kader PKK dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas, wawasan dan memotivasi kader PKK. Selain itu, juga sekaligus sebagai media interaksi dalam menunjang terwujudnya keluarga sejahtera dan memberikan apresiasi kepada kader yang berprestasi dalam melaksanakan 10 program PKK.

Ditemui disela-sela kegiatan Rita mengatakan Jambore Kader PKK ini menjadi sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam melaksanakan tugas PKK di daerah masing-masing. Selain itu akan terbangun kerjasama, kebersamaan dan solidaritas antar kader dan anggota PKK se-Kaltara dan se-Indonesia. “Seperti yang dikatakan ketua umum tadi bahwa kegiatan dalam jambore berfokus pada upaya peningkatan tertib adminstrasi PKK disamping pameran aneka inovasi dan kreasi,parade nusantara dan lomba gembira,”ujarnya.

Rita menambahkan ada program nasional yang dititipkan Mendagri agar PKK dapat membantu meliputi menggerakan masalah kebersihan agar mewujudkan Indonesia bersih dan sehat dengan menyediakan tong sampah, membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaanbahan plastik.

Selain itu, berupaya agar tiap daerah dan kabupaten/kota memiliki minimal tiga unggulan yaitu destinasi pariwisata, kuliner dan kerajinan daerah. Kaltara kata Rita, memiliki ketiga potensi itu sehingga harus didorong agar dapat diwujudkan. “Kita punya banyak potensi itu, saya kira TP PKK Kaltara mampu menggerakan dan mengorganisir hal ini,”jelasnya.