25 orang calon Dirut BUMD lolos proses administrasi

id bumd

25 orang calon Dirut BUMD lolos proses administrasi

Walikota Tarakan, Khairul di Pemkot Tarakan, Senin. ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak 25 orang calon Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dinyatakan lolos administrasi telah menjalankan proses seleksi di Ruang Imbaya Pemkot Tarakan, Senin.

“Kami akan memilih seorang Dirut perusahaan, supaya agak ramping, karena kalau terlalu banyak akan menghabiskan anggaran,” kata Wali Kota Tarakan, Khairul di Tarakan.

Dia berharap agar para calon Dirut BUMD memiliki pengalaman pada bidang BUMD yang digeluti. Jika telah terpilih, pihaknya akan melakukan evaluasi setiap satu tahun pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Kasih jugalah kesempatan orang bekerja, bernapas dan improvisasi. Jadi satu tahun itu adalah evaluasi disana bisa menilai Dirut terkait cukup berhasil membawa perusahaan
kearah lebih baik atau sebaliknya,” kata Walikota

Proses administrasi, para calon Dirut BUMD melakukan paparan, wawancara, karya tulis dan sebagainya. Nama yang dinyatakan lolos administrasi, masing-masing BUMD memiliki 4 orang, yang kemudian akan dipilih
menjadi 3 orang.

Jika telah terdapat 3 nama, maka Wali Kota Tarakan akan memilih satu orang
yang akan dipilih menjadi Dirut BUMD. Masing-masing BUMD akan diberikan berbeda modal, mulai dari angka Rp2 miliar hingga Rp14 miliar serta ada pula yang diberikan dalam bentuk penyerahan aset.

Adapun direksi yang dicari yakni
Perumda Air Minum Tirta Alam Tarakan, Perumda Tarakan Energi Mandiri, Perumda Aneka Usaha, Perumda Agrobisnis Mandiri dan Perumda Media Telekomunikasi.
Baca juga: Walikota Tarakan harapkan para direksi BUMD terpilih memiliki inovasi
Baca juga: Hanya 10 Calon Direksi BUMD Ikuti UKK