Kerugian buka hoaks, biasanya menempel pula Malware

id Hoaks dan Malware

Kerugian buka hoaks, biasanya menempel pula Malware

Hoaks dan Malware (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Malware adalah sebuah software yang diciptakan seseorang untuk tujuan jahat, dibuat untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah (menghapus, menyembunyikan dan mencuri), menghabiskan bandwith dan sumber daya lain tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik komputer.


Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat berhati-hati ketika mencari informasi soal virus corona di internet karena rentan disusupimalware.

"Masyarakat harus hati-hati. Apabila mereka membaca,malwareitu menempel di hoaks," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Pangerapan, saat jumpa pers di Jakarta, Senin.

Kementerian meminta masyarakat tidak sembarangan membuka konten yang berkaitan dengan virus corona, apalagi jika tidak mengenal pengirim informasi.

Baca juga:Kominfo pertimbangkan SMS untuk tangkal hoaks corona

Baca juga:Kominfo temukan 54 hoaks terkait corona


Kaspersky, dalam keterangan resmi, menemukan saat ini peretas menyebarkanmalwaremelalui dokumen yang disamarkan sebagai informasi yang berkaitan dengan virus corona.

"Corona, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah," kata analis malware Kaspersky, Anton Ivanov, dalam keterangan tersebut.

Berkas berbahaya yang ditemukan Kaspersky memiliki ekstentsi .pdf, .mp4 dan .docx.

Nama-nama file tersebut menyiratkan berkas tersebut berisi video instruksi cara melindungi diri dari virus corona.

Ketika diklik, berkas tersebut berisi, antara lain,malwareTrojan dan Worm yang bisa memblokir, memodifikasi, menyalin data dan menganggu operasional komputer.

Kaspersky menyarankan warganet untuk menghindari tautan yang mencurigakan, misalnya menjanjikan konten eksklusif. Setelah itu, ketika ingin mengunduh berkas, perhatikan ekstensi berkas, sebaiknya tidak dalam format .exe atau .lnk.

#viruscorona

Baca juga:Malware berkedok Grammy 2020 menyebar di internet

Baca juga:Ribuan perangkat di dunia terinfeksi malware XHelper, sulit dihapus

Baca juga:Ancaman siber pada 2020, AI malware dan serangan ke aplikasi populer
Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu