Prancis bantah AS jika COVID-19 terkait lab Wuhan

id Corona

Prancis bantah AS jika COVID-19 terkait lab Wuhan

Prancis: Tak ada bukti COVID-19 terkait dengan lab penelitian Wuhan

Paris (ANTARA) - Prancis pada Jumat menyebutkan bahwa tidak ada bukti sejauh ini yang mengkaitkan virus corona baru dengan hasil laboratorium penelitian P4 di kota Wuhan, China, tempat munculnya pandemi saat ini.

"Kami akan memperjelas bahwa hingga saat ini tidak ada bukti nyata yang menguatkan informasi, yang marak di pemberitaan Amerika Serikat baru-baru ini bahwa terdapat kaitan asal mula COVID-19 dengan hasil laboratorium P4 di Wuhan China," kata salah seorang pejabat di kantor Presiden Emmanuel Macron.

Konsensus ilmiah umum menyatakan bahwa SARS-CoV-2, nama resmi virus corona, berasal dari kelelawar.

Pada 2014 Prancis menandatangani perjanjian dengan China untuk membangun laboratorium penelitian tentang penyakit menular biosafety level 4, level tertinggi, di Wuhan, menurut surat keputusan Prancis yang diteken oleh menteri luar negeri saat itu, Michel Barnier.

Baca juga:Pendapatan ritel Prancis turun 24 persen pada Maret
Baca juga:Prancis perpanjang karantina nasional hingga 11 Mei


Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu mengatakan pemerintahannya sedang berupaya mencari tahu apakah virus corona berasal dari salah satu laboratorium di Wuhan. Menteri Luar Negeri Pompeo mengatakan Beijing "harus berterus terang" dengan apa yang mereka ketahui.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Miley, pada Selasa mengatakan intelijen AS mengindikasikan bahwa virus corona kemungkinan terjadi secara alami dan bukan seperti yang diciptakan di sebuah laboratorium di China, namun tidak ada kepastian mengenai hal itu.

Washington Post pekan ini melansir bahwa pejabat keamanan nasional di pemerintahan Trump telah lama mencurigai fasilitas penelitian di Wuhan sebagai sumber wabah virus corona.

Hingga Februari Institut Virologi Wuhan, yang didukung oleh pemerintah China, menepis rumor bahwa virus tersebut mungkin saja telah direka cipta di salah satu laboratorium miliknya atau mungkin berasal dari salah satu fasilitas semacam itu.

Sumber: Reuters

Baca juga:20 marinir Prancis masih dirawat menyusul wabah corona kapal induk
Baca juga:Corona menyebar di kapal induk, 700 angkatan laut Prancis terinfeksi
Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar