MRMP Kaltara Direncanakan Dibangun di Sepunggur

id Rapat, Lokasi, Modern Rice Milling Plant

MRMP Kaltara Direncanakan Dibangun di Sepunggur

Rapat pembahasan hibah lahan MRMP (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Dari hasil survei lapangan yang dilakukan oleh tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dan Perum Bulog RI, ditentukan bahwa daerah Sepunggur (sekitar Pelabuhan Pesawan), Desa Tanjung Buka, Tanjung Palas Tengah akan dijadikan rencana lokasi pembangunan Modern Rice Milling Plant (MRMP) yang digagas Perum Bulog di Kaltara. Alasannya, aksesibilitas dimana dekat dengan fasilitas umum dan cukup strategis.

Hal ini terungkap pada rapat pembahasan hibah lahan untuk pembangunan MRMP yang difasilitasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara di ruang rapat lantai 1 kantor Gubernur Kaltara, Senin (14/9) lalu. “Ini merupakan tindak lanjut dari rencana Perum Bulog RI yang ingin berinvestasi dengan membangun fasilitas penggilingan padi modern di Bulungan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan, H Taupan Majid saat memimpin rapat yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan, perwakilan dari Perum Bulog Tarakan, serta perwakilan Yayasan Ketahanan Pangan Nusantara (YKPN).

Dipilihnya Sepunggur termasuk Pelabuhan Pesawan, juga dikarenakan area tersebut sudah masuk dalam Hak Pengelolaan (HPL) atau sudah masuk dalam lahan bersertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) sebagai kawasan transmigrasi sedangkan Pelabuhan Pesawan adalah lahan pemerintah yang diperoleh dari ganti rugi pengadaan lahan.

“Pada rapat itu juga disarankan agar hibah lahan yang diajukan ke Kemendes-PDTT dapat dilampirkan surat rekomendasi disertai dengan bukti yang dibutuhkan. Serta perlunya dukungan dari Perum Bulog untuk bersurat ke Kemendes-PDTT untuk mengeluarkan status tanah tersebut,” ucap Taupan. Apabila skenario lahan di Sepunggur tak berjalan sesuai rencana, tim juga menyediakan alternatif lainnya. Yakni mengalokasikan lahan seluas 6 hektare di area Pelabuhan Pesawan.

Sebelumnya, Perum Bulog berencana membangun 16 unit fasilitas MRMP, salah satunya di Kaltara tepatnya di Kabupaten Bulungan. Nantinya MRMP ini akan memiliki dryer atau mesin pengering berkapasitas 900 ton per hari, milling atau mesin sosoh berkapasitas 50 ton per jam Gabah Kering Giling, SILO atau tempat penyimpanan gabah berkapasitas 3.000 ton per unit.

Untuk pembangunan MRMP tersebut, setidaknya dibutuhkan lahan seluas 6 hektare.