Posko Relawan IRAW Gelar Pelatihan Dan Pembekalan Saksi TPS

id pilgub

Posko Relawan IRAW Gelar Pelatihan Dan Pembekalan Saksi TPS

Wakil Ketua Koalisi Partai IRAW, Bidang Tabulasi Data dan Saksi, Maxi. Dokumen Media Center IRAW

Tarakan (ANTARA) - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara nomor urut dua, Irianto Lambrie – Irwan Sabri (IRAW) gelar pelatihan dan pembekalan saksi tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Tarakan Kamis (29/10).

Pelatihan dilaksanakan di posko Relawan IRAW di Jalan Jenderal Sudirman Kota Tarakan. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Wakil Ketua Koalisi Partai IRAW, Bidang Tabulasi Data dan Saksi, Maxi menjelaskan, saksi-saksi di rekrut dari partai koalisi dan saat ini sudah memenuhi kuota.

“Kami akan bekerja keras semaksimal mungkin untuk kemenangan IRAW pada 9 Desember 2020. Kami sudah siap 'berperang' dengan pelatihan saksi ini, untuk data dan segala macam tidak kami sebutkan yang jelas kami sudah siap,” kata Maxi.

Jumlah saksi yang disiapkan IRAW untuk Tarakan sesuai dengan jumlah TPS yaitu sebanyak 426 orang dan saksi cadangan sebanyak 426 orang sehingga total 852 orang.

“Kami tekankan pada saksi terutama untuk mengamankan data C1 yang ada di TPS, kita harus amankan dan dapatkan C1 itu, dan kami sudah sangat siap,” terangnya.

Saksi diambil dari partai koalisi, relawan yang tergabung dalam tim perjuangan IRAW. Setiap saksi IRAW adalah orang – orang yang memang berdomisili di TPS mereka bertugas dan memiliki hak suara untuk memilih.

“Jadi saksi itu warga RT disitu, TPS disitu untuk mengamankan suara kami disitu, dan dipastikan sesuai domisili, meski tetangga RT tidak boleh,” katanya..

Maxi juga tegaskan, saksi wajib hukumnya memilih IRAW, jangan sampai ada saksi tidak memilih. Karena memang saksi yang di rekrut adalah yang berumur minimal 17 tahun keatas dan telah memiliki hak suara.

Saksi IRAW wajib mengikuti pelatihan dan pembekalan, setiap saksi akan diberikan mandat dan sebelum H-1 pencoblosan surat mandat tersebut sudah diterima di TPS masing – masing.

“Tidak hanya di Tarakan, saksi saat ini juga sudah terbentuk disetiap kabupaten dan Kota di wilayah Kaltara,” katanya.

Maxi menambahkan, karena sebagian besar saksi diambil dari koalisi partai dan relawan IRAW sebelum bertugas pada tanggal 9 Desember 2020 mereka juga membantu mensosialisasikan Paslon Irianto Lambrie – Irwan Sabri untuk menghimpun suara.

Pada pilgub ini ada tiga pasangan Cagub - Cawagub Kaltara nomor urut satu yakni H. Udin Hiangio - Dr. H. Undunsyah, MH, M.Si (U2OK), nomor urut dua yakni Dr. H. Irianto Lambrie - H. Irwan Sabri, SE (IRAW) dan nomor urut tiga yakni Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum - Dr. Yansen Tipa Padan, M.Si (ZIYAP).
Baca juga: Zainal -- Yansen Akan Mewujudkan Wajib Belajar 16 Tahun di Kaltara
Baca juga: Udin - Undun akan wujudkan Kaltara yang unggul, inovatif dan sejahtera
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar