Bela Negara dengan Cegah Hoaks

id Bela, Negara, Cegah,Hoaxs

Bela Negara dengan Cegah Hoaks

Salah Satu bentuk Aktifitas Cinta Tanah Air (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Sebagai upaya peningkatan kesadaran bela negara di daerah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Daerah, diperlukan penyelenggaraan peningkatan kesadaran bela negara di daerah, termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara). Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dan rela berkorban bagi bangsa dan negara. “Dalam pembinaan bela negara, terdapat 3 poin penting, yaitu peningkatan kesadaran bela negara dalam rangka penguatan karakter bangsa bagi generasi muda di daerah, masyarakat wilayah perbatasan dan seluruh aparatur,” kata Kepala Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltara, H Edy Suharto, Selasa (16/2).

Menurut Edy, salah satu yang dapat diterapkan dalam bela negara pada era informasi dan komunikasi saat ini, adalah mencegah terjadinya hoaks. “Saya meminta kepada seluruh warga Kaltara tanpa terkecuali untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Khawatirnya, tanpa sadar kita menjadi bagian dari penyebar hoaks yang dapat menyerang negara melalui dunia maya,” ujarnya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan Gubernur dan Bupati/Walikota dalam meningkatkan kesadaran bela negara. Diantaranya, lokakarya, diskusi, forum peningkatan kesadaran bela negara, sosialisasi, orientasi, temu wicara, sarasehan, seminar, napak tilas, paskibraka, kegiatan seni budaya dan olahraga, dialog interaktif, jambore, dan berbagai lomba pidato atau cerdas cermat.

Edy menyadari bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam peningkatan kesadaran bela negara di Kaltara ini. Salah satunya, adalah kurang optimalnya koordinasi antara pemerintah dan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kesadaran bela negara ini. “Saya berharap untuk kedepannya peningkatan rasa nasionalisme dan kesadaran bela negara melalui sosialisasi dan pendidikan, baik itu secara formal maupun non formal dapat timbul di hati seluruh masyarakat khususnya di Kalimantan Utara ini. Sehingga dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” tutupnya.
Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar