Pembangunan klinik kesehatan Polda Kaltara lebih humanis

id Polda

Pembangunan klinik kesehatan Polda Kaltara lebih humanis

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Bambang Kristiyono dan Ketua PWI Kaltara, Datu Iskandar Zulkarnaen di Mapolda Kaltara, Selasa (9/3). Dokumen Humas Polda

Tarakan (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Bambang Kristiyono mengungkapkan bahwa pembangunan klinik kesehatan Polda Kaltara yang kini tahap penyelesaian, pelayanannya nanti terbuka untuk masyarakat umum dan humanis.

"Itu alasan kami membangun klinik di luar pagar atau area pusat perkantoran Polda agar warga tidak segan masuk ke sana atau lebih humanis," kata Bambang
di Tanjung Selor, Selasa.

Hal itu disampaikan saat Kapolda menerima kunjungan jajaran PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kaltara.

Kebijakan itu sesuai paradigma baru kepolisian, yakni berorientasi kepada pemecahan masalah masyarakat (problem solver oriented) dengan berbasis kepada sumber daya lokal dengan pendekatan kemasyakatan lebih manusiawi (humanistic approach).

Secara teknis, klinik yang diperkirakan selesai sekitar satu bulan lagi itu direncanakan pengelolaan secara profesional dan memiliki misi sosial dengan sistem subsidi silang.

"Warga berkemampuan memberi subsidi bagi warga tak mampu, jadi warga miskin kita gratiskan," kata Bambang.

Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki sumber daya baik manusia maupun fasilitas sehingga kehadiran klinik dan kehadiran secara umum Polda harus bermanfaat bagi peningkatan kesehahteraan masyarakat.

Lebih jauh Bambang menerangkan
bahwa Polda memiliki keterbatasan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung namun dengan kewenangannya mereka siap mengawal pemerintahan yang bersih.

"Pemerihtahan yang bersih dan bertanggung jawab adalah awal dalam meningkatkan kesehahteraan masyarakat," katanya.

Dalam pertemuan itu juga dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman (Mou) Polda dengan PWI Kaltara diwakili oleh Ketua PWI setempat Datu Iskandar Zulkarnaen.

Turut mendampingi Kapolda, antara lain
Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Erwin Zadma, Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol Yosi Hariyoso, Kabidkum Polda Kaltara Kombes Pol Andrie Satya Graha dan Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat.
Baca juga: Polda Kaltara - PWI bekerja sama terkait transparansi informasi