Gubernur : Pentingnya Peran Satlinmas Untuk Perlindungan Masyarakat

id Pemprov

Gubernur : Pentingnya Peran Satlinmas Untuk Perlindungan Masyarakat

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Antara/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) penting untuk perlindungan masyarakat.

Berhubungan dengan berbagai macam bencana yang akan dihadapi ke depan, anggota satlinmas diharapkan dapat membantu aparat keamanan dalam menanggulangi hal tersebut,” kata Zainal pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Malinau Tahun 2021 secara daring di Tanjung Selor, Rabu.

Dia mengatakan bahwa Satlinmas merupakan salah satu elemen penting dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Perlindungan yang dimaksud adalah upaya dalam penanganan untuk memperkecil dan mengurangi kemungkinan terjadinya bencana.

Zainal mengatakan ada beberapa pola perlindungan masyarakat yang dapat dilakukan.

Diantaranya yakni tindakan awal seperti melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, membangun jaringan deteksi dini, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai norma dan peraturan serta tindakan lainnya.

“Pola perlindungan ke dua adalah tindakan pencegahan seperti melakukan penjagaan, pengawalan dan patroli, melakukan deteksi atau peringatan dini, serta melakukan koordinasi antara aparat dan masyarakat,” kata Gubernur.

Dia juga menerangkan bahwa Satlinmas berfungsi sebagai mata dan telinga pemerintah yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk dapat melihat dan mendengarkan secara langsung berbagai aspirasi.

Menurutnya, mustahil bagi seorang pimpinan untuk dapat menjaga keamanan tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai elemen.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa Satlinmas merupakan salah satu potensi yang dapat diberdayakan pada tingkat desa, kecamatan, kabupaten, serta provinsi dalam membantu menjaga keamanan, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat secara swakarsa.

Zainal juga mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari demi memutuskan rantai penularan COVID-19 di Kaltara.
Baca juga: Gubernur Kaltara Berharap Dinsos Berkreasi Agar Lansia Tetap Berkarya