Pertamina-PWI Gelar UKW Angkatan II di Kaltara

id Wartawan

Pertamina-PWI Gelar UKW Angkatan II di Kaltara

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-II yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis (26/8). ANTARA/HO - Dinas KISP.

Tarakan (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama Pertamina Regional III Kalimantan menggelar
Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar di Tanjung Selor. Kabupaten Bulungan.

UKW Angkatan Ke-II ini mengambil tajuk ‘Goresan Pena di Beranda Negara’ pada tanggal 26-28 Agustus 2021.

“UKW sebuah tahapan penting bagi regenerasi wartawan dan kepemimpinan berikutnya. Terima kasih atas semua dukungan Pertamina dan semua pihak, termasuk Gubernur Kalimantan Utara telah berkenan turut membantu pengembangan profesionalisme wartawan,” kata Ketua PWI Kalimantan Utara, Datu Iskandar Zulkarnaen di Tanjung Selor, Kamis malam.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Pertamina, khususnya Pertamina Regional III Kalimantan, menjadi bagian penting dalam kolaborasi mendukung peningkatan profesionalisme wartawan di Kaltara.

Sementara itu, Head of Communication Relation & Community Development Pertamina Subholing Upstream Regional III Kalimantan, Zona 10, Visnu C Bhawono berharap kerja sama dengan PWI terjalin semakin baik.

Dengan semakin meningkatnya kompetensi wartawan melalui proses UKW yang pada gilirannya berimplikasi terhadap kualitas informasi dan publikasi kegiatan Pertamina dan daerah Kaltara khususnya.

"Kami sangat mendukung pelaksanaan UKW ini. Dan, Insyaallah akan kami rutinkan setiap tahun,” kata Visnu.

Dia juga sangat berharap, wartawan semakin kompeten dalam memberikan informasi, tajam dan akurat, mempertahankan kode etik jurnalistik dan profesionalisme.

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang yang hadir saat itu berharap, seluruh peserta UKW Angkatan Ke-II lulus dengan hasil memuaskan.

“Di sini diukur kompetensi teman-teman wartawan. Akan diuji oleh tim penguji, apakah betul-betul bisa jadi wartawan yang profesional dan kompeten atau belum. Namun, sebagai gubernur, saya harapkan semua peserta lulus dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” kata Zainal.

UKW yang berlangsung dua hari ini, menghadirkan penguji berpengalaman yakni Rajab Ritonga (Direktuk UKW PWI Pusat), Endro S Efendi (Ketua PWI Kalimantan Timur), Sayid Iskandarsyah (Ketua PWI DKI Jakarta) dan Wawan Djuwarna (PWI Jawa Barat).
Baca juga: Gubernur Kaltara : Karya Jurnalistik Dari Wartawan Harus Sesuai Fakta
Baca juga: Gubernur Kaltara ingatkan pentingnya profesionalisme wartawan
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-II yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis (26/8). ANTARA/HO - Dinas KISP.