Gubernur Kaltara ingatkan pentingnya profesionalisme wartawan

id Wartawan

Gubernur Kaltara  ingatkan pentingnya  profesionalisme wartawan

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang (tengah) saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-II yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis (26/8). ANTARA/HO - Dinas KISP.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara menegaskan pentingnya profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugasnya sehingga sebaiknya secara rutin digelar ujian kompetensi wartawan (UKW).

“Jadi saya ingatkan, untuk wartawan yang ada di Kaltara kalau mau buat berita harus sesuai fakta dan konfirmasi, kalau tidak berita yang dibuat bisa menjadi berita hoaks, hal itu menyebab UKW penting digelar secara rutin," kata Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis malam.

Hal itu diutarakan saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-II yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara.

Zainal mengatakan pelaksanaan UKW ini penting dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai dengan aturan Dewan Pers tentang sertifikasi kewartawanan.

Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas terhadap profesi wartawan khususnya yang ada di Kaltara.

“Sesuai aturan Dewan Pers, tujuan sertifikasi wartawan ini ada tujuh dengan maksud agar produk jurnalistik yang dihasilkan wartawan menjadi produk intelek,” kata Gubernur.

Dia juga mendoakan para peserta UKW dapat lulus dengan hasil yang memuaskan, sehingga kedepannya, para wartawan di Kaltara menjadi lebih profesional dan handal.

“Saya doakan semoga semua peserta yang ikut UKW semuanya lulus semua dari tim penguji, dengan nilai yang memuaskan agar dapat menjadi wartawan yang profesional dalam menyajikan berita kepada masyarakat," kata Zainal.

Baca juga: Anies Baswedan Serahkan Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin 2021
Baca juga: PWI-Astra bahas masa depan media era disrupsi dan pandemi
Baca juga: Wapres nyatakan peran media krusial tangkal hoaks tentang COVID