Kodim TarakanSiapkan Sarana Pemantauan PTM

id TNI

Kodim TarakanSiapkan Sarana Pemantauan PTM

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Korem 092 PD VI/Mulawarman Erni Suratno meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan Posyandu Kodim 0907/Tarakan, Jumat (10/9). ANTARA/HO - Kodim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Korem 092 PD VI/Mulawarman Erni Suratno meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan Posyandu Kodim 0907/Tarakan.

Didampingi Ketua Persit KCK Cabang XIX Kodim 0907/Tarakan Sri Reza Fajar Lesmana,yang berlangsung di Asrama Kodim 0907/Tarakan, Jumat.

"Posbindu PTM ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini resiko penyakit tidak menular, sehingga kejadian PTM dapat di tekan," kata Erni.

Ia mengungkapkan, salah satu faktor risiko PTM meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi dan hiperkolesterol.

"Jadi yang perlu di ingat dalam penanggulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktifitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup dan kelola stres," katanya.

Posbindu PTM Kodim 0907/Tarakan merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan.

Serta pengendalian kesehatan masyarakat terhadap risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Sementara itu Ketua Persit KCK Cabang XIX Kodim 0907/Tarakan Sri Reza Fajar Lesmana menambahkan bahwa pendirian Posbindu PTM ini untuk mendukung program-program pemerintah khususnya bidang kesehatan.

“Alhamdulilah, akhirnya pendirian Posbindu PTM terwujud,semoga memberikan manfaat,dengan harapan berdirinya Posbindu ini ,kesehatan warga di lingkungan asrama Kodim 0907/Tarakan," kata Sri.

Khususnya dapat terpantau dengan baik dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, untuk mengantisipasi potensi penularan COVID-19.

Setelah meresmikan Posbindu PTM Kodim 0907/Tarakan Erni juga melakukan peninjauan kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu diantaranya wawancara terarah.

Guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan.

Kegiatan peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tarakan Sitti Rujiah, Ketua Korcab 13 Daerah Jalasenastri Armada 2, Siska Edi Krisna Murti dan Ketua Pia Ardhya
Garini Cabang 13/D.2 Lanud Anang Busra, Lely Somad.
Baca juga: Danlantamal XIII Pimpin Ziarah ke TMP Dwikora Tarakan
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal UNISA Yogyakarta
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Korem 092 PD VI/Mulawarman Erni Suratno meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan Posyandu Kodim 0907/Tarakan, Jumat (10/9). ANTARA/HO - Kodim 0907/Tarakan.

Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021