Presiden Akan ke Kaltara Kembali Bulan November

id Presiden, pemprov

Presiden Akan ke Kaltara Kembali Bulan November

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga di Kelurahan Sebengkok, Tarakan, Kalimantan Utara. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan kembali datang ke Kaltara pada bulan November 2021.

“Bapak Presiden sudah menyampaikan langsung kepada saya saat berkunjung ke Kaltara, bahwa dirinya akan kembali lagi bulan depan,” kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Gubernur menambahkan jika tidak ada hambatan dan Presiden kembali berkunjung ke Kaltara bulan depan untuk peletakan batu pertama pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning dan Mangkupadi.

Itu artinya, kunjungan Presiden Jokowi ini merupakan kunjungan yang kelima kalinya di provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

“Untuk kunjungan bulan depan itu, rencananya Presiden bakal melakukan peletakan batu pertama pembangunan KIPI di Tanah Kuning dan Mangkupadi,” kata Zainal.

Sebelumnya Presiden Jokowi pada hari Selasa (19/10) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Kaltara.

Selama di Kaltara, Orang nomor satu di Indonesia itu melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung, Kaltara bersama beberapa perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) negara Uni Eropa dan World Bank.

Tidak hanya itu, Presiden sempat meninjau program vaksinasi "door to door" di Kelurahan Karang Rejo, serta vaksinasi bagi pelajar di SMP Negeri 1 Tarakan serta membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga di Kelurahan Sebengkok.

Terkait masalah kunjungan perwakilan beberapa Kedutaan Besar (Kedubes) dari negara Uni Eropa, Gubernur berharap, kehadiran para perwakilan Kedubes dari Uni Eropa itu dapat membawa dampak positif, bagi pembangunan yang ada di Kaltara.

“Banyak hal yang bisa dikembangkan di Kaltara seperti go green, karbon, infrastruktur dan lainnya yang saya sampaikan, semoga semua itu menjadi daya tarik untuk para Kedubes berinvestasi di Kaltara,” kata Zainal.
Baca juga: Kunjungan Presiden Jokowi dan Para Dubes Jadi Kado HUT Kaltara