Persiapan Polres Malinau jelang Pemilu

id Polres

Persiapan Polres Malinau jelang Pemilu

Polres Malinau, Kalimantan Utara latihan pengendalian massa (Dalmas) untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas menjelang, selama, maupun pasca Pemilu mendatang. ANTARA/HO-Humas Polres Malinau.

Tarakan (ANTARA) - Polres Malinau, Kalimantan Utara terus melakukan persiapan, yakni mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang, selama, maupun pasca Pemilu 2024

"Para personel Polres Malinau perlu dipersiapkan dengan matang untuk menghadapi segala bentuk potensi gangguan kamtibmas dalam Pemilu, salah satunya yakni meningkatkan keterampilan Pengendalian Massa (Dalmas)," kata Kasat Samapta Polres Malinau Iptu Isak Pangala di Malinau, Minggu.

Hal tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan menjelang pengamanan Pemilu tahun 2024, hal ini sudah mulai dipersiapkan.

"Hari ini walaupun seharusnya hari libur namun kami tetap melaksanakan latihan pengendalian massa atauDalmas dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel saat bertugas," kata Isak.

Untuk itu, latihan fungsi pengendalian massa kini lebih intens dilakukan, baik itu melalui personel Samapta sendiri maupun personel gabungan dari masing-masing fungsi bagian, satuan, seksi dan Polsek di Polres Malinau.

Dia menambahkan latihan yang digelar siang ini difokuskan pada latihan fisik, pengendalian massa awal dan lanjut, dimana diawali dengan teori dasar-dasar sikap pengendalian lanjut itu.

Diantaranya sikap di tempat dengan menggunakan perlengkapan pengendalian massa dan sikap pindah tempat serta formasi itu.

“Kita berikan penyampaian teori-teori dasar, kemudian kita lanjutan dengan praktek langsung. Latihan ini merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus serta berkelanjutan,” katanya.

Harapannya, kegiatan pelatihan pengendalian massa ini dapat mempersiapkan personel yang lebih matang dan profesional dalam fungsi Polri saat bertugas guna mewujudkan suasana Pemilu yang aman dan damai bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Malinau.

“Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan, misalnya aksi unjuk rasa, sehingga setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas," kata Isak.

Terlebih untuk kesiapan pengamanan jelang Pemilu tahun 2024 mendatang, diharapkan latihan ini dapat mempersiapkan personel yang lebih matang dan profesional dalam bertugas nantinya.