PT GER optimistis "carbon trade" memicu kesejahteraan masyarakat

id PT GER ,Carbon trade,Pemprov

PT GER optimistis "carbon trade" memicu kesejahteraan masyarakat

PT GER  optimistis  "carbon trade"  memicu kesejahteraan  masyarakat (dkisp)

Tanjung Selor (ANTARA) - Wakil PT GER Lestari John A. Embiricos yang menjelaskan alasannya bekerja di Kaltara ialah untuk menjawab isu global berupa perubahan iklim dunia. Cara terbaiknya dengan melakukan penanaman mangrove.

Ia menceritakan pembahasan upaya penanganan perubahan iklim sudah dimulai sejak tahun 2005. Di mana di Eropa telah dimulai perdagangan karbon.

“Hanya saja saat itu belum banyak kebijakan nasional yang tidak memungkinkan untuk kerjasama perdagangan karbon. Untuk itu hari ini kami datang kembali ke Kaltara atas undangan Senator DPD RI Dapil Kaltara, bapak Marthin Billa dan pak Gubernur Kaltara untuk memulai kembali apa yang telah kita rancang 20 tahun lalu itu,” paparnya.

Pihaknya optimis apa yang akan dikerjakan akan berjalan lancar, pasalnya sudah banyak kebijakan yang dibuat Pemerintah Indonesia yang telah membuka dan mendukung perdagangan karbon.

Dia mengatakan jika apa yang dilakukan oleh GER Lestari berbeda dengan apa yang dilakukan oleh yang lainnya. Di mana program utamanya bagaimana perdagangan karbon itu jadi landasan untuk peningkatan pemulihan lingkungan dan peningkatan kemakmuran masyarakat Kaltara.

“Di dunia banyak sekali proyek perdagangan karbon yang hanya fokus kepada model bisnis dan keuntungan bagi si pengusaha. Hal inilah yang tidak akan ditiru oleh GER Lestari,” ucapnya.

PT GER Lestari bersama Pemprov Kaltara bermaksud mengembangkan mode perdagangan karbon yang basisnya berkolaborasi dengan masyarakat.

“Selain kerjasama dengan Pemprov Kaltara juga dengan pemerintah paling bawah yakni pemerintah desa,” terangnya.

Saat dilapangan kegiatan ini tidak akan dengan cara mengambil lahan atau mendapatkan izin lokasi, tapi dengan meningkatkan tata kelola lahan yang sudah ada.

“Kolaborasi ini juga kita saling berbagi pengetahuan, kearifan lokal menjadi modal kerjasama,” tuntasnya. (dkisp)

Baca juga: Tim Tenis Lapangan Kaltara Sumbangkan Perak Pada Pornas Korpri
Baca juga: Pornas Kopri XVI - Tenis Lapangan Kaltara sumbangkan medali perakBaca juga: Ketua TP-PKK Kaltara Kunjungi Kawasan Transmigrasi Sepunggur
Baca juga: Gubernur Dorong Wisudawan UBT Jadi Mesin Penggerak Kemajuan Kaltara
Baca juga: Kehadiran Gubernur Menjadi Suplemen bagi Para Atlet Pornas Korpri Kaltara