Brimob Polda Kaltara Sterilisasi Gereja di Tarakan Jelang Natal

id Natal

Brimob Polda Kaltara Sterilisasi Gereja di Tarakan Jelang Natal

Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara melakukan sterilisasi dengan ke Gereja Katolik Santa Maria Imakulata di Tarakan, Minggu (24/12) menjelang ibadah perayaan Natal di Tarakan. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara melakukan sterilisasi ke Gereja - Gereja menjelang ibadah perayaan Natal di Tarakan, Minggu.

"Kita siapkan dua tim, dimana satu tim terdiri dari 10 orang dengan satu pemimpin totalnya 23 orang," kata Ps Wadan Subden Gegana Brimob Polda Kaltara AKP Mohammad Nur Sugiharto di Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan.

Sebanyak 11 Gereja di Tarakan sudah dilakukan sterilisasi sejak Minggu pagi (24/12) menjelang ibadah perayaan Natal 2023.

“Sejauh ini masih kondusif. Tapi kita antisipasi sudah untuk dua tim. Terbagi di beberapa Gereja, di wilayah Tengah, Timur, Utara juga ada,” kata Nur.

Dia mengungkapkan peralatan yang digunakan untuk sterilisasi Gereja lebih lengkap. Diantaranya body armor, alat ukur atau E3, metal detektor, mirror, kimia biologi radioaktif serta perlengkapan lain di kendaraan Gegana.

Nur mengimbau para jemaat yang melakukan ibadah perayaan Natal disampaikan bahwa situasi terpantau kondusif.

Saat sterilisasi dilakukan di dalam Gereja Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan terlihat personel Detasemen Gegana melakukan penyisiran dari seluruh ruangan serta halaman depan dan belakang Gereja.

Pada Minggu malam dilanjutkan dengan patroli dengan skala besar, gabungan TNI dan Polri ke Gereja - Gereja.
Baca juga: Polres Tarakan Gelar Pasukan Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Polda Kaltara Gelar Operasi Lilin Kayan 2023 Amankan Natal dan Tahun Baru