Mahasiswa di Tarakan Diajak Merespons Cepat Transformasi Media di Era Digital

id Pemprov

Mahasiswa di Tarakan Diajak Merespons Cepat Transformasi Media di Era Digital

Kegiatan Tribun Goes to Campus menghadirkan pemateri dari Pertamina dan Telkomsel dipandu langsung Direktur Politeknik Bisnis Kaltara, Dr. Ana Sriekaningsih yang berlangsung di Aula Politeknik Bisnis Kaltara, Rabu (10/7). Istimewa.

Tarakan (ANTARA) - Tribun Kaltara Goes to Campus sukses digelar berlokasi di Aula Politeknik Bisnis Kaltara, Rabu (10/7).

Puluhan mahasiswa Politeknik Bisnis Kaltara dan juga dari berbagai kampus lainnya turut meramaikan kegiatan yang digelar.

Kegiatan Tribun Kaltara Goes To Campus berlangsung sukses dipandu langsung oleh keynote speaker dari Dr. Ana Sriekaningsih, S.E, M.M yang juga menjabat sebagai Direktur Politeknik Bisnis Kaltara.

Di kesempatan itu ia membuka langsung kegiatan. Dalam sambutannya Dr. Ana menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang terselenggara hari ini di aula Politeknik Bisnis Kaltara.

Ini menjadi awal yang baik dan ini bukan menjadi kerja sama yang terakhir dan ke depan selalu ada kolaborasi dan kerja sama bersama semua yang hadir hari ini.

“Kami tentu memerlukan wadah yang dapat mendukung atau men-support dunia pendidikan. Instansi lainnya yang memiliki kepedulian dengan generasi kita juga demikian,” kata Ana.

Berbicara tema yang diusung hari ini, Transformasi Media di Era Digital, media merambah juga di dunia pendidikan, pendidikan, ekonomi dan politik termasuk dunia usaha.

Jika generasi muda tak mampu beradaptasi terhadap transformasi ini atau tidak mampu beradaptasi dengan adanya perubahan digital yang serba cepat maka bisa akan tertinggal.

“Karena orang mampu beradaptasi, itulah yang survive. Karena ketika orang lain sudah lari, mengikuti perubahan cepat, dituntut untuk merespons dengan cepat," katanya.

Ia melanjutkan lagi, berbicara media pemberitaan tentu tantangannya adalah kode etik dan kepercayaan. Ada etika men-sharing dan memfilter berita.
“Apalagi anak-anak ini semuanya di dunia pendidikan tentunya harus berpikir intelektual. Begitu juga dengan peluang bagaimana mengerjakan sesuatu dengan cepat menyelesaikan progres dan mampu kreatif. Bisa melalui podcast di kampus, live streaming yang bisa dijadikan peluang,” katanya.

Sebelumnya Pimred TribunKaltara.com, Sumarsono menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga Tribun Goes to Campus bisa terlaksana.

Kegiatan Tribun Goes to Campus sudah kerap dilaksanakan dan ini menjadi program rutin setiap tahun dilaksanakan menyambangi kampus dan sekolah.

Kegiatan ini adalah bentuk edukasi literasi dan tanggung jawab sebagai media dalam memberikan literasi pentingnya media di era urbanisasi digitalisasi.

“Betapa pentingnya media, media sosial, maupun media yang sering dihadapi setiap harinya,” ungkap Sumarsono.

Ia menambahkan Politeknik Bisnis Kaltara sendiri memiliki portal yang cukup komunikatif menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan.

Kaltara sendiri menjadi tempat strategis di jantung kotanya Tarakan. TribunKaltara menjadi jembatan memediasi melalui kegiatan Tribun Goes to Campus.

“Harapan kami kegiatan ini masih kegiatan awal, next bisa dibuat semacam workshop, pelatihan teknik penulisan, pengelolaan media nanti bisa dilaksanakan selanjutnya. Semoga ini jadi awal baik,” ujarnya.

Dalam hal ini, Pertamina dan Telkomsel turut dilibatkan sebagai pemateri mengingat para mahasiswa yang hadir ini nantinya akan memasuki dunia kerja.

“Dari Telkomsel nanti bisa sharing dan tidak melulu transformasi media, mungkin bagaimana sharing tentang pekerjaan, begitu juga Pertamina Tarakan bagaimana kontribusinya bisa saling sharing,” papar Sumarsono.
Baca juga: KPU akan gunakan ragam media sosialisasikan pemungutan suara ulangBaca juga: Dirpem sebut ANTARA siap jadi "media hub" di IKN