RSUD dr. H. Jusuf SK Mengelola Keuangan Dengan Integrasikan E-BLUD

id Pemprov

RSUD dr. H. Jusuf SK Mengelola Keuangan Dengan Integrasikan E-BLUD

Peluncuran E-BLUD dengan ATKP Bankaltimtara oleh Sekprov Kaltara, H. Suriansyah didampingi Plt Direktur RSUD Budy Aziz, serta Pemimpin Kantor Cabang Tarakan, Kalsum di Ruang Hall A RSUD dr. H Jusuf SK, Selasa (13/8). (ANTARA/HO-DKSP Kaltara)

Tarakan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK, yang merupakan rumah sakit rujukan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), kembali mengambil langkah maju dalam pengelolaan keuangannya dengan meluncurkan integrasi E-BLUD dengan Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah (ATKP) milik Bankaltimtara.

"Pentingnya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang didukung oleh sistem keuangan yang transparan dan akuntabel," kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Suriansyah di Tarakan, Selasa.

Peluncuran integrasi ini diresmikan langsung oleh Suriansyah didampingi oleh Plt Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK, dr. Budy Aziz, serta Pemimpin Kantor Cabang Tarakan Kalsum.

"Dengan adanya integrasi ini, kami berharap pencatatan dan transaksi keuangan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan relevan," ujarnya.

Integrasi ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani pada bulan Maret 2024 antara RSUD dr. H. Jusuf SK dan Bankaltimtara.

Langkah ini diharapkan dapat mendukung misi rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat Kaltara.

RSUD dr. H. Jusuf SK sendiri telah mengalami perkembangan signifikan sejak awal berdirinya. Dimulai sebagai rumah sakit tipe D pada tahun 1947, kini rumah sakit ini telah menjadi rumah sakit tipe B non pendidikan yang terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pelayanannya.

Dengan dilaksanakannya soft launching ini, RSUD dr. H. Jusuf SK menjadi rumah sakit pertama di wilayah Kaltara yang mengintegrasikan sistem E-BLUD dengan aplikasi keuangan pemerintah, yang diharapkan dapat menjadi model bagi rumah sakit lainnya di provinsi tersebut.

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk selalu berinovasi dan meningkatkan profesionalitas dalam pengelolaan rumah sakit, demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," kata Suriansyah.
Baca juga: Potensi Bencana di Kaltara Relatif Tinggi
Baca juga: Peringatan Hari Sungai Nasional, Pemprov Libatkan Masyarakat Aksi Bersih SungaiBaca juga: Potensi Bencana di Kaltara Relatif Tinggi