MUF Diharapkan Dapat Membantu Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Bulungan

id Pemprov

MUF Diharapkan Dapat Membantu Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Bulungan

Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah pada acara kantor cabang MUF yang beralamat di Jl. Sengkawit No. A 212, B 212, C212, Kel. Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Bulungan. ANTARA/HO-Humas PT Mandiri Utama Finance

Tarakan (ANTARA) - PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang pembiayaan, meresmikan kantor cabang pertama di Tanjung Selor, Bulungan, Senin (5/8).

"Kehadiran MUF di Tanjung Selor diharapkan dapat membantu pelaku usaha kecil dan menengah untuk memenuhi kebutuhan finansial sebagai salah satu upaya mendorong kesejahteraan masyarakat," kata Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah pada acara kantor cabang MUF yang beralamat di Jl. Sengkawit No. A 212, B 212, C212, Kel. Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Bulungan.

Selain itu, Suriansyah juga menyampaikan pesan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin untuk menghimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan secara bijak kehadiran MUF.

Untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, saya mengucapkan selamat atas dibukanya cabang baru MUF di Tanjung Selor, kehadiran MUF tentu sebuah langkah maju dan positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Suriansyah.

Regional Head Kalimantan MUF Sampurno Aji mengatakan bahwa pembukaan kantor cabang MUF di Tanjung Selor ini merupakan upaya perusahaan untuk menjawab antusiasme masyarakat Kalimantan terhadap layanan pembiayaan kendaraan.

“Kalimantan mencatat penyaluran pembiayaan yang sangat baik pada periode Januari-Juli 2024, yaitu sebesar Rp957,4 miliar atau tumbuh 33,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kami berhadap melalui kantor cabang yang baru ini, MUF dapat memberikan layanan pembiayaan yang lebih dekat dengan masyarakat Kalimantan Utara,” tambah Sampurno.

Sampai dengan Juni 2024, MUF konsisten mencatatkan pertumbuhan di atas rata-rata industri. Total aset MUF tumbuh 41,4 persen year-over-year (YoY) menjadi Rp13,3 triliun, sementara piutang pembiayaan hingga Juni 2024 mencapai Rp33,4 triliun, tumbuh Rp18,3 persen YoY.

MUF menargetkan hingga akhir tahun 2024, piutang pembiayaan dapat mencapai Rp36,9 triliun.

Strategi perusahaan untuk mencapai target tersebut adalah dengan melakukan ekspansi jaringan kantor, memperkuat kerja sama dengan dealer, showroom dan mitra, optimalisasi pemasaran digital, serta meningkatkan SLA operasional agar dapat memberikan layanan pembiayaan yang mudah, cepat dan tepat.

Saat ini MUF sudah mengantongi izin kantor cabang sebanyak 93 dan kantor selain kantor cabang sebanyak 76, sehingga total izin jaringan kantor perusahaan di seluruh Indonesia berjumlah 168 titik.

Acara peresmian Kantor Cabang Tanjung Selor dihadiri juga Staf Ahli Pemkab Bulungan H. M. Zulkifli, Regional Deputy Division Head Kalimantan MUF Sampurna Aji, Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila (Mrl) Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan, Kapolres Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha serta Deputy dan Branch Manager MUF Tanjung Selor Rizky Fahrozy.
Baca juga: Pemprov Kaltara Sosialisasi Pembiayaan Pelaku UMKM
Baca juga: BRI Finance hadirkan program bantu pembiayaan