Kapolri berpesan agar Hari Juang jadi momentum beri pengabdian terbaik

id Kapolri

Kapolri berpesan agar Hari Juang jadi momentum beri pengabdian terbaik

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengucapkan ucapan HUT RI Ke-79. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berpesan agar peringatan Hari Juang Polri pada 21 Agustus mendatang, menjadi momentum bagi kepolisian untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Pesan itu disampaikan oleh Kapolri melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

“Bapak Kapolri menyampaikan pentingnya menjaga komitmen dan kesetiaan dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat,” kata Trunoyudo.

Selain itu, kata dia, Kapolri juga menyampaikan bahwa Hari Juang Polri menjadi momentum bagi kepolisian untuk merefleksikan diri.

“Beliau (Kapolri) menginginkan peringatan Hari Juang Polri juga menjadi momen refleksi bagi Polri untuk terus melanjutkan perjuangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mengabdi sepenuh hati kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Kapolri mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 pada tanggal 22 Januari lalu terkait penetapan Hari Juang Polri pada tanggal 21 Agustus.

“Untuk pertama kalinya kami (Polri) memperingati Hari Juang Polri dengan menggelar upacara di Monumen Perjuangan Polri di Surabaya pada Rabu, 21 Agustus 2024,” kata Trunoyudo.

Tema yang diangkat adalah “Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Beberapa agenda digelar dalam rangkaian kegiatan tersebut. Peringatan Hari Juang Polri dimulai dengan agenda sarasehan dan syukuran di Polda Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (20/8).

Kegiatan sarasehan akan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat utama Mabes Polri. Beberapa narasumber juga dihadirkan dalam acara tersebut, salah satunya adalah Sejarawan Jawa Timur Aminuddin Kasdi.

Setelah sarasehan, akan digelar syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng yang akan diberikan oleh Kapolri kepada Roebiyanti, putri dari Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin yang dikenal sebagai Bapak Brimob Polri.

Lalu, keesokan harinya atau Rabu (21/8), akan dilaksanakan upacara Hari Juang Polri di Monumen Perjuangan Polri pada pukul 08.00 WIB yang akan dipimpin langsung oleh Kapolri.
Baca juga: Tujuh emas dan tiga perak diraih atlet Polda Kaltara pada Kejurnas Karate Kapolri Cup 2024
Baca juga: Sertijab Kapolda Kaltara dipimpin oleh Kapolri