Tarakan (ANTARA) - Kabid Propam Polda Kalimantan Utara (Kaltara) Kombes Pol. Krishadi Permadi, S.I.K, M.H,. memimpin pelaksanaan giat Gaktiblin dan Tes Urin Random kepada Personil Polres Tarakan. Rabu (15/05/2024).

Kabid Propam Polda Kalimantan Utara (Kaltara) Kombes Pol. Krishadi Permadi  S.I.K, M.H,. mengatakan bahwa Gaktiblin ini merupakan giat rutin yang dilaksanakan fungsi Propam terhadap personil dalam rangka melaksanakan pembinaan kedisiplinan, dan pemeliharaan ketertiban dilingkungan Polri.

Kegiatan dilaksanakan di lapangan apel Polres Tarakan dengan diikuti oleh anggota serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri Polres Tarakan dengan melakukan pemeriksaan berupa kelengkapan diri berupa SIM, STNK, KTP, surat senjata dan sikap tampang anggota serta pemeriksaan urin terkait penyalahgunaan Narkoba.

Kabid Propam Polda Kaltara menyebut kegiatan Gaktiblin yang dilaksanakan Bidpropam Polda Kaltara ini merupakan penjabaran dari Pemuliaan Etika Profesi Polri sebagai langkah tindak lanjut implementasi program Prioritas Kapolri Transformasi menuju Polri yang Presisi.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat tercipta lingkungan kerja yang lebih sehat dan kondusif, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan upaya Polri untuk menjaga dan meningkatkan citra positif di mata publik,” ujar Kabid Propam Polda Kaltara.

Beliau menambahkan kegiatan Gaktiblin ini dalam rangka mitigasi yang bertujuan untuk meminimalisir adanya potensi-potensi pelanggaran personel Polri baik itu disipin maupun kode etik serta mencegah penyalagunaan Narkotika dan obat berbahaya dikalangan personel Polres Tarakan.

“Kami mencoba untuk mencegah dan mempersempit penyalagunaan narkotika dengan mengadakan tes urin secara random ( acak ) kepada Personil Polres Tarakan agar performa tetap terjaga dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dari 10 personel yang dipilih secara random ( acak ), hasil tes urinenya dinyatakan negatif ” ujarnya.

Lebih lanjut, Kabid Propam menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Polres Tarakan, tetapi akan dilaksanakan secara berkala di seluruh jajaran Polda Kaltara. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab Personil Polres Tarakan terhadap aturan yang berlaku.

Baca juga: Kapolda Kaltara beserta jajaran ikuti zoom Forum Belajar Bersama Dari Posko Presisi Mabes Polri
Baca juga: Polda Kaltara Laksanakan Kegiatan Pelatihan Asesor Assasement Center Polri T.A 2024
Baca juga: Wakapolda Kaltara Menghadiri Halal Bihalal Bersama Dengan Forkopimda Kalimantan Utara
Baca juga: Kabid Propam Polda Kaltara Laksanakan Kegiatan Koordinasi dan Ramah Tamah dalam Rangka Menindaklanjuti Rakernis POM TNI TA.2024
Baca juga: Polda Kaltara Laksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Dasar Sabhara

Pewarta : Rilis
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024