Malinau Tata Potensi Wisata

id ,

Malinau Tata Potensi Wisata

Oleh M. Rusman

Malinau (Antara News Kaltara) - Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, menata objek wisata andalannya, termasuk Air Panas Semolon (Semolon Hot Waterfall) dengan membangun sarana prasarana yang dibutuhkan wisatawan.

"Objek wisata Semolon ini telah dibangun sejumlah fasilitas sejak 2015 berupa pintu gerbang masuk ke kawasan itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malinau Padan Impung di Malinau, Jumat.

Selain itu, juga telah disediakan lahan parkir. Pada tahun 2016, dibangun perumahan untuk "home stay" yang menonjolkan bentuk rumah Suku Dayak serta seluruh etnis yang berada di daerah itu.

Objek wisata air panas yang berada di Dusun Rajuk tersebut, kata Padan Impung, terus ditata agar menarik wisatawan domestik maupun mancanegara dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Ia menegaskan bahwa Pemkab Malinau berusaha mempertahankan keaslian kawasan.

Selama ini, objek wisata Air Panas Selomon ini makin dilirik wisatan lokal maupun mancanegara karena suasananya yang benar-benar sejuk dan hangat karena faktor aliran air panas tersebut yang berasap.

Untuk menjaga kebersihan kawasan, Pemkab Malinau juga telah menempatkan petugas kebersihan khusus menangani lokasi wisata itu dengan memberikan pembinaan dengan mengarahkan tidak merusak keaslian lingkungannya.

Pemkab Malinau berusaha kawasan wisata Selomon ini tetap menjaga kondisi yang ramah lingkungan dengan tidak memotong tumbuh-tumbuhan.