342 warga Tanjung Selor dilayani Dokter Terbang

id Pelayanan, Dokter, Terbang, Tanjung Selor

342 warga Tanjung Selor dilayani Dokter Terbang

PENGOBATAN GRATIS : Pelayanan dokter terbang yang dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Selor, baru-baru ini. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Program Dokter Terbang oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara kembali dilaksanakan di Kabupaten Bulungan. Kali ini digelar selama 3 hari di beberapa wilayah di pinggiran Kecamatan Tanjung Selor.

Kegiatan tepatnya di Kilometer 55, Kilometer 57 jalan poros Tanjung Selor – Berau dan di Kampung Buluh Perindu Tanjung Selor Hulu.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, Usman, pelayanan diberikan dokter umum dan spesialis. Adapun dokter spesialis yang dilibatkan, yakni dokter spesialis anak dan kandungan.

Pada hari pertama, pelayanan pengobatan gratis ini dilakukan di Kilometer 55. Di sini, tercatat 70 warga memanfaatkan layanan dokter umum, 39 pasien untuk dokter spesialis anak dan 22 pasien spesialis kandungan.

Hari kedua, di Kilo 57 dengan catatan 75 pasien dokter umum, 25 pasien spesialis anak dan 8 pasien spesialis kandungan.

Untuk hari terakhir, di Buluh Perindu tercatat 66 pasien umum, 17 dilayani dokter spesialis kandungan, dan 20 pasien spesialis anak.

“Ini merupakan salah satu bukti upaya Pemprov Kaltara untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan menjangkau seluruh kalangan masyarakat Kaltara. Utamanya warga yang berada di daerah yang sulit terjangkau, seperti perbatasan, pedalaman, termasuk di kawasan pesisir seperti di perkampungan,” kata Usman.

Dalam pemberian pelayanan sendiri, masih dalam kondisi pandemi, setiap pasien wajib memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan tim Dokter Terbang.