Zainal blusukan ke Pantai Amal Tarakan

id Pilgub

Zainal blusukan ke Pantai Amal Tarakan

Calon Gubernur Kalimantan Utara nomor urut tiga, Zainal Arifin Paliwang saat blusukan ke Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Senin disambut antusias oleh warga. Dokumen Media Center ZIYAP

Tarakan (ANTARA) - Calon Gubernur Kalimantan Utara nomor urut tiga, Zainal Arifin Paliwang saat blusukan ke Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Senin disambut antusias oleh warga.

Zainal pun menyempatkan waktu untuk dialog dan menyerap aspirasi masyarakat di beberapa RT di daerah tersebut.

Sejumlah warga yang selama ini menggantungkan hidupnya dari usaha rumput laut, mengeluh lantaran harga rumput laut yang semakin anjok. Selain itu juga masalah sengketa lahan yang masih menjadi persoalan.

Disampaikan warga, harga rumput laut saat ini turun drastis. Harga sebelumnya yang pernah mendapai Rp18 ribu per Kg, saat ini menjadi Rp9 ribu per Kg. Hal ini tentu sangat berefek pada usaha mereka, lantaran pengeluaran lebih besar dibanding pemasukan.

Melihat persoalan tersebut, Zainal pun mengarahkan untuk membuat koperasi yang berbadan hukum dan sah.

"Dalam koperasi itu nantinya bisa ekspor dan impor, sehingga terkontrol keuangannya dan ada pertanggung jawaban. Juga keuntungan yang lebih bisa dibagi-bagi kepada anggota koperasi dan harga bisa naik," kata Zainal.

Menurutnya usaha rumput laut di Kaltara menjadi salah satu pendongkrak perekonomian warga. Bahkan produk unggulan di wilayah Kaltara yang hasilnya telah banyak dikirim ke luar daerah hingga ke luar negeri. Untuk itu harus menjadi perhatian pemerintah agar bisa terus didukung.

PadaPilgub Kaltara 2020 ditetapkan tiga pasang Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kaltara yakni nomor urut satu pasangan Udin Hiangio - Undunsyah (U2OK), nomor urut dua pasangan Irianto Lambrie - Irwan Sabri (IRAW) dan nomor urut tiga pasangan Zainal Arifin Paliwang - Yansen Tipa Padan (ZIYAP).
Baca juga: Irianto blusukan ke pasar Beringin dan Dayak di Tarakan
Baca juga: Warga Tarakan antusias menangkan Udin-Undun