Zainal akan kembangkan madu kelulut di Bulungan

id Pilgub

Zainal akan kembangkan madu kelulut di Bulungan

Calon Gubernur Kalimantan Utara, nomor urut tiga, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum bersama istri, Rachmawati Zainal mencoba produk madu kelulut di Bulungan, Jumat (17/10). Dokumen Media Center ZIYAP

Tarakan (ANTARA) - Calon Gubernur Kalimantan Utara, nomor urut tiga, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum akan mengembangkan produk madu kelulut di Bulungan.

Hal tersebut disampaikan saat Zainal dan istrinya, Rachmawati Zainal ke lahan peternakan lebah kelulut milik Solihun di Tanjung Selor, Jumat.

"Ini merupakan produk yang sangat baik dan harus kita kembangkan, karena untuk berternak lebah kelulut itu lebih sulit dari lebah biasa," kata Zainal.

Dia juga menyinggung empat sektor utama yang akan disentuh lebih dulu. Salah satunya peternakan yang juga akan pasangan Zainal - Yansen kembangkan sebagai salah satu sektor yang akan menjadi lahan komoditi utama warga Kaltara.

"Nantinya akan kita beri bantuan dan bangun koperasi sehingga bisa kita berikan bantuan agar lebih bisa berkembang dan dipasarkan keluar daerah, bukan hanya mendapat pembeli lokal," kata Zainal.

Sementara itu, Solihun mengaku sudah beternak lebah kelulut selama dua tahun, saat ini omzetnya masih kecil, karena pembeli hanya sesuai dengan pesanan. Untuk madu ukuran satu botol sirup, Solihun menjual sekitar Rp300 ribu.

Selain madu, Solihun juga menjual produk olahan madu lainnya seperti bee pollen. Diketahui, bee pollen sangat bagus bagi kulit karena mengandung kolagen.

"Saya berharap adanya bantuan bagi kami, karena ternak ini adalah mata pencaharian utama kami, dan kami bergantung hanya pada pesanan, tidak memproduksi massal," harapnya.

Pada pilgub ini ada tiga pasangan Cagub - Cawagub Kaltara nomor urut satu yakni H. Udin Hiangio - Dr. H. Undunsyah, MH, M.Si (U2OK), nomor urut dua yakni Dr. H. Irianto Lambrie - H. Irwan Sabri, SE (IRAW) dan nomor urut tiga yakni Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum - Dr. Yansen Tipa Padan, M.Si (ZIYAP).
Baca juga: Pedagang pasar induk harapkan peningkatan infrastuktur pada Udin
Baca juga: Tokoh masyarakat Pasar Induk dukung pasangan IRAWBaca juga: Pedagang pasar induk harapkan peningkatan infrastuktur pada Udin
Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar