Hati-hati bermain games online, pencuri incar akun PUBG Mobile

id Akun games online

Hati-hati bermain games online, pencuri incar akun PUBG Mobile

Pakar keamanan siber temukan ratusan phising curi akun PUBG Mobile

Jakarta (ANTARA) - Para ahli di perusahaan keamanan siber Kaspersky telah menemukan ratusan halamanphishingyang bertujuan untuk mencuri akun PUBG Mobile.

"Para pelaku kejahatan siber jelas mempersiapkan diri mereka dengan sangat baik untuk menyambut musim permainan baru. Halaman phishing yang kami temukan dirancang dengan cara yang sangat meyakinkan, baik dalam desain maupun antarmuka, yang biasanya sangat familiar bagi paragamer," kata pakar keamanan di Kaspersky, Tatyana Shcherbakova, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga:Studi Kaspersky: Anak-anak lebih pemarah akibat main game

Baca juga:Tips aman belanja online saat Harbolnas


Permainan penembak multipemain, PUBG Mobile, baru saja memulai musim baru, dengan item, monster, dan mekanik terbaru. Pengembang game sering kali memberikan penawaran berupa insentif kecil sebagai imbalan untuk memainkangamemereka.

Sementara itu, para pelaku kejahatan siber sepertiscammertidak melewatkan peluang bagus untuk memanfaatkan aktivitasgamebaru.

Kaspersky telah mengidentifikasi setidaknya sebanyak 260 halamanphishing, yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memenangkan item baru.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna hanya perlu mengirimkan akungamemereka melalui profil Twitter atau Facebook.

Setelah entri gagal, pengguna akan diminta untuk memberikan informasi tambahan, termasuk nama alias yang mereka gunakan dalamgame, nomor telepon, dan detail pribadi lainnya.

Akibatnya, para scammer tidak hanya mendapatkan akun media sosial pengguna tetapi juga detail pribadi tambahan ini -- semua upaya ini bertujuan untuk menjual akungamepengguna dan mendapatkan keuntungan.

Untuk menghindari menjadi korban phishing dengan skema tersebut, Kaspersky menyarankan agar paragamerjangan turut bergabung dalam undian apapun, selain dari situs webgameresmi, kemudian juga memeriksa informasi melalui sumber resmi. Jika aktivitas terkait benar-benar ada, para pengembanggamekemungkinan tidak akan merahasiakannya.

Baca juga:Wannacry mirip operasi retasan Korea Utara

Baca juga:Kelompok kejahatan siber curi hingga 1 miliar dolar AS

Baca juga:PUBG Mobile kembali masuk India, sesuaikan budaya lokal
Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar