Nunukan segera miliki pabrik pengolahan rumput laut

id nunukan, pabrik pengolahan, rumput laut

Nunukan segera miliki pabrik pengolahan rumput laut

Mesin pengolahan rumput laut yang sudah dirakit segera dioperasikan dalam waktu dekat ini.

Nunukan (ANTARA) - Pembangunan pabrik pengolahan rumput laut di Kabupaten Nunukan, Kaltara sudah memasuki tahap akhir sehingga secepatnya diupayakan beroperasi agar mampu mengangkat harga pada tingkat pembudidaya dan sumber daya yang ada.

"Kita targetkan beroperasi pabrik ini secepatnya karena mesin pengolahan dan fasilitas lainnya sudah sangat siap. Memang masih ada komponen yang belum siap seperti listrik," ujar Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid di Nunukan, Senin.

Namun masalah listrik yang dibutuhkan mencapai puluhan ribu kilowatt ini perlu dibicarakan dengan PT PLN Berau karena fasilitas ini sangat penting dalam rangka kelancaran pengoperasian pabrik ini.

"Masalah listriknya sudah dikomunikasikan dengan PLN Berau karena industri ini kan butuh puluhan ribu watt untuk pengoperasiannya nanti," ujar dia.

Mengenai kesiapan sarana prasarana lainnya seperti mesin, tempat penjemuran telah rampung semuanya sehingga dia mengharapkan pabrik ini segera beroperasi agar dapat mengangkat harga pada tingkat pembudidaya dan sumber daya.

Pabrik akan mengolah rumput laut menjadi bahan jadi minimal dalam bentuk tepung dengan kapasitas minimal 100 ton per hari. Bupati Nunukan mengatakan pengelola pabrik ini, bahan bakunya dengan membeli langsung dalam keadaan basah dari pembudidaya.

Sebab, pabrik pengolahan rumput laut menyediakan tempat penjemuran sendiri.


Pewarta :
Editor : Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar