KPU tetapkan Zainal dan Yansen unggul pada pilkada Kaltara

id pilgub

KPU tetapkan  Zainal dan Yansen unggul pada pilkada Kaltara

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami menyerahkan hasil rekapitulasi, dan penetapan hasil perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltara di Pilkada Serentak Tahun 2020, di Tanjung Selor, Jumat (18/12). Istimewa

Tarakan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Utara gelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi, dan penetapan hasil perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltara di Pilkada Serentak Tahun 2020, di Tanjung Selor, Jumat, dimana paslon nomor urut tiga, Zainal Arifin Paliwang – Yansen. TP (ZIYAP) unggul dan meraih 145.778 suara.

disusul Paslon nomor dua, Irianto Lambrie – Irwan Sabri (IRAW) meraih 109.968 suara dan nomor urut satu, Udin Hiangio - Undunsyah (U2OK) memperoleh 62.143 suara.

Pasangan ZIYAP di Malinau unggul dengan perolehan 24.754 suara, pasangan IRAW meraih 9.956 suara dan pasangan U2OK meraih 8.006 suara. Di Kota Tarakan pasangan U2OK meraih 23.043 suara, IRAW meraih 26.549 suara dan ZIYAP unggul dengan perolehan 47.311 suara.

Sementara di Nunukan pasangan IRAW unggul dengan perolehan 49.253 suara, disusul pasangan ZIYAP meraih 36.738 suara dan pasangan U2OK 7.132 suara.

Sedangkan di Tana Tidung paslon U2OK unggul dengan perolehan suara 6.485 suara disusul pasangan ZIYAP dengan perolehan 4.217 suara dan pasangan IRAW memperoleh 3.912 suara.

“Pasca rekapitulasi ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua paslon yang mengikuti semua tahapan perhitungan suara, semua saksi hadir dan menandatangani hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat provinsi,” kata Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami.

Selanjutnya, paslon diberi waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), KPU Kaltara juga masih menunggu proses itu di MK. Kalaupun itu tidak ada gugatan di MK, KPU tetap menunggu hasil registrasi dari MK. Ada atau tidak adanya gugatan di MK, lanjutnya, penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih akan ditetapkan pada Januari 2021 yang akan datang.

“Secara prinsip semua tahapan Pilkada di Kaltara berjalan lancar dan tidak ada perbedaan yang dimiliki paslon di tingkat kabupaten/kota hingga ditingkat provinsi. Terkait gugatan atas selisih hasil perhitungan suara, semua menjadi ranah di MK, tapi yang jelas proses perhitungan di tingkat KPU telah diselesaikan dengan baik. Kami juga menilai semua paslon masih berkomunikasi dengan baik pasca pemilihan dan ini di luar dugaan kita selama ini,” kata Suryanata.

Dijelaskannya, di tengah pandemik covid-19 tingkat partisipasi pada Pilgub Kaltara cukup tinggi, yakni mencapai 75 persen. Untuk tingkat partisipasi pemilih tertinggi ada di Tana Tidung sebesar 89,19 persen, Malinau sebesar 85,78 persen, Nunukan sebesar 81,49 persen, Bulungan sebesar 75,8 persen dan Kota Tarakan sebesar 68,70 persen.
Baca juga: Pasangan Zainal - Yansen unggul di Tarakan
Baca juga: Hasil rekapitulasi suara Pilkada gubernur di Nunukan