Komisi IV DPRD Kaltara Pantau Ujian Sekolah

id DPRD

Komisi IV DPRD Kaltara Pantau Ujian Sekolah

Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Utara melakukan monitoring ke SMKN 1 Tarakan dan SMAN 2 Tarakan, Kamis (8/4). Sekretariat DPRD Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Utara melakukan monitoring ke SMKN 1 Tarakan dan SMAN 2 Tarakan, Kamis (8/4).

Kunjungan tersebut diketuai oleh Wakil Ketua Komisi IV H. Mohammad Saleh yang didampingi oleh tiga anggota Komisi IV Syamsuddin Arfah, Yancong dan Markus Sakke serta turut hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Wilayah Tarakan Ahmad Yani.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung pelaksanaan Ujian Sekolah baik Ujian yang sedang berlangsung di SMKN 1 Tarakan maupun ujian yang berlangsung di SMAN 2 Tarakan.

Plt. Kepala Sekolah SMKN 1 Tarakan Aliyas Imran menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Komisi IV DPRD Kaltara yang sudah berkunjung ke SMKN 1 Kota Tarakan dan merupakan kunjungan yang pertama serta kehormatan tersendiri bagi sekolah SMKN 1 Tarakan.

Ditambahkannya, saat ini sedang berlangsung Ujian Kompetensi Keahlian dimana kami melibatkan dunia usaha dan dunia industri sebagai penguji dimana sistem dalam ujian Kompetensi Keahlian ini dilaksanakan secara online.

"Ujian Kompetensi Keahlian ini merupakan ujian pertama kali kami lakukan sehingga satu bulan yang lalu kami melakukan pertemuan," kata Aliyas.

SMKN 1 melakukan simulasi selama empat hari untuk mendeteksi minimnya kesahan atau kendala yang terjadi, hanya kendala teknis saja yaitu kendala di jaringan dan kondisi ekonomi siswa.

Sedangkan terkait jaringan ini sudah diluar kemampuan kami tetapi tekait dengan kondisi ekonomi siswa yang kurang mampu tetap difasilitasi sekolah.

"Alhamdulillah Ujian Kompetensi Keahlian sampai saat ini berjalan dengan lancar sesuai dengan simulasi yang kami lakukan sebelumnya," kata Aliyas.

Untuk ujian sekolah nanti dilaksanakan pada bulan puasa tanggal 19-24 April tahun 2021 setelah Ujian Kompetensi Keahlian selesai dilaksanakan, dan setelah lebaran nanti dilanjutkan ujian kelas 10 dan 11.

Sedangkan, Kepala Sekolah SMAN 2 Tarakan Erni Nurjannah juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komisi IV Anggota DPRD Kaltara yang sudah mau berkunjung ke SMAN 2 Tarakan dan melihat langsung kondisi sekolah serta melihat langsung berjalannya Ujian Sekolah.

Ditambahkan untuk ujian sekolah kita laksanakan secara online, dimana sebelumya pihak SMAN 2 telah mendata siswa-siswi yang kurang mampu sehingga pihak sekolah memfasilitasi siswa tesebut agar tetap bisa mengikuti ujian sekolah.

Mereka juga telah memberikan pelatihan atau simulasi kepada siswa yang akan mengikuti ujian sekolah.

"Pelaksanaan ujian sekolah sampai saat ini berjalan dengan lancar, hanya saja sedikit kendala seperti terkendala dijaringan dan ada beberapa siswa yang belum mengikuti ujian sekolah, kami pihak sekolah akan berusaha untuk siswa yang belum mengikuti ujian akan kami ikutkan pada ujian susulan nanti," katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi IV H. Mohammad Saleh menyampaikan sudah mendengarkan beberapa penjelasan yang disampaikan oleh kepala sekolah SMKN 1 dan SMAN 2.

Adanya beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ujian di masa pandemi COVID-19, dimana pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan secara online dan yang menjadi kendala lainnya adalah jaringan yang terkadang kurang bagus dan ada beberapa siswa yang kurang mampu.

Namun dari pihak sekolah sudah memberikan fasilitas kepada siswa-siswi yang kurang mampu agar tetap bisa mengikuti Ujian Sekolah.

"Sebagai harapan kami sebagai Anggota DPRD Kalimantan Utara, mengharapkan pelaksanaan ujian sekolah SMK maupun SMA berjalan dengan lancar sampai selesai dan semua bisa lulus sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Mohammad Saleh.
Baca juga: DPRD Sosialisasi Perda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Kaltara