Gubernur: Potensi wisata Desa Mara Satu harus dikembangkan

id Pemprov,Potensi wisata,Dayak,mara satu

Gubernur: Potensi wisata Desa Mara Satu harus dikembangkan

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mendukung keinginan Pemerintah Desa Mara Satu Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan untuk menjadi salah satu desa wisata di Kaltara.

Zainal di Tanjung Selor, Minggu mengatakan potensi wisata budaya daerah yang memiliki lamin (rumah adat panjang khas Dayak) itu harus dikembangkan.

"Kita mendukung Desa Mara Satu ini ditingkatkan jadi desa wisata karena desa ini memang punya potensi yang cukup memungkinkan,” kata Zainal.

Menurutnya kekayaan budaya yang dimiliki Desa Mara Satu mempunyai daya tarik wisatawan.

Sebab Mara Satu merupakan salah satu ikon kultural masyarakat Dayak Kenyah Lepu Tau.

Selain potensi obyek wisata budaya, juga memiliki potensi wisata alam karena daerahnyamemiliki pemandangan yang indah.

Kawasan ini terletak di pinggir Sungai Kayan dan berjarak sekitar 50 Km dari Tanjung Selor.

“Di sini juga ada goa dan air terjun. Artinya banyak potensi yang bisa dimaksimalkan,” kata Zainal.

Di tengah keterbatasan fiskal daerah akibat pandemi COVID-19, Pemprov Kaltara siap membantu Pemkab Bulungan dalam merealisasikan keinginan Pemdes Mara Satu tersebut. "Untuk infrastruktur akan kita bantu bupati,” tegas dia.

Sementara itu, Bupati BulunganSyarwani mengapresiasi dukungan Pemprov Kaltara dalam mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Tenguyun.

Menurut Syarwani, sektor tematik pembangunan dapat menjadi pengungkit utama dalam upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Kita menyambut baik niat pak gubernur yang ingin menjadikan Desa Mara Satu ini sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Bulungan,” katanya.

Dia mengungkapkan secara birokrasi penetapan Mara Satu sebagai desa wisata bakal di proses oleh Pemda.

“Saya sebagai kepala daerah mendukung sepenuhnya. Penetapan yang disampaikan dari kepala desa nantinya akan berjenjang sampai ke tingkat kabupaten untuk kita tetapkan Desa Mara Satu ini sebagai desa wisata,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk memudahkan aktivitas pariwisata, peningkatan kualitas sarana dan prasarana tentu menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan.

“Untuk bisa memaksimalkan serta mengoptimalkan desa wisata ini nantinya akses menjadi bagian yang tak kalah penting. Alhamdulillah tadi pak gubernur juga siap membantu kita,'' kata Zainal.

Baca juga: Gubernur minta potensi wisata Malinau dioptimalkan

Baca juga: Kaltara janji percantik situs PD II di Tarakan sebagai wisata sejarah

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar