Gubernur minta potensi wisata Malinau dioptimalkan

id Pemprov

Gubernur minta potensi wisata Malinau dioptimalkan

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat melantik Wempi W Mawa dan Jakaria sebagai Bupati dan Wabup Malinau periode 2021-2024 di Tanjung Selor, Senin (26/4). Dokumen Diskominfo Pemprov Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwangmeminta agar potensi wisata di Malinau bisa dioptimalkan.

"Saya harap Bupati dan Wakil Bupati Malinau yang baru dapat membangun Malinau lebih baik lagi, khususnya mengembangkam potensi wisatanya," kata Zainal, usai melantik Wempi W Mawa dan Jakaria sebagai Bupati dan Wabup Malinau periode 2021-2024 di Tanjung Selor, Senin.

Malinau hakikatnya memiliki potensi wisata yang unik dan jarang dimiliki daerah lain, yakni obyek wana wisata dan konservasi.

Dari 1,3 juta hektare Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) sekitar 60 berada di Malinau dan sisanya di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Kawasan TNKM berada tepat di kawasan perbatasan dengan Serawak dan Sabah.

Kawasan ini selain memiliki keanekaragaman hayati dari ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah hingga tinggi.

Selain itu, terdapat peninggal situs Dayak kuno, yakni peti mati batu atau sarkofagus.

Potensi lain, yakni obyek wisata budaya khas pedalaman sehingga ia berharap
pemimpin baru dapat membangun dan mensejahterakan masyarakat di Malinau dengan meningkatkan desa wisata.

"Jika perlu desa wisata yang sudah ada saat ini lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya ditambah, kalau bisa desa wisata yang sudah ada dibenahi juga," kata Gubernur.

Misalnya jika ada bagian bangunan yang catnya sudah pudar, agar diperbaharui lagi dan yang lainnya.


Infrastruktur

Terkait masalah infrastruktur di Malinau, Gubernur menginginkan Pemkab Malinau dapat mendukung penuh program Pemprov Kaltara, salah satunya menyukseskan pembangunan jalan Malinau tembus Krayan.

"Ini yang tidak kalah pentingnya (akses jalan Malinau-Krayan), saya mau Bupati dan Wabup Malinau dapat membantu Pemprov dalam membangun akses jalan tersebut. Kalau masalah anggaran nanti kita upayakan menarik dana yang ada di pusat," kata Gubernur.

Wempi dan Jakaria juga diingatkan untuk dapat bersinergi dengan Pemprov Kaltara dalam hal membangun Kaltara, termasuk Kabupaten Malinau.

Dia katakan bahwa dalam hal membangun daerah itu penting bersinergi, tidak hanya di Malinau tapi semua daerah di Kaltara harus bisa bersinergi untuk membangun Kaltara.

Baca juga: Malinau Tata Potensi Wisata