Anggota PPS Tarakan diharapkan menjaga integritas dan profesional

id KPU

Anggota PPS Tarakan diharapkan menjaga integritas dan profesional

Sebanyak 60 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Tarakan, Kalimantan Utara dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan Nasruddin di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Selasa (24/1). ANTARA/HO-KPU Kota Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak 60 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang baru dilantik diharapkan menjaga integritas dan bekerja secara profesional.

"Kita tegaskan kepada mereka agar menjaga integritas, kemudian bekerja secara profesional karena kita ini sebetulnya abdi negara. PPS itu bukan pekerjaan tapi pengabdian dan menjadi bagian dari mensukseskan pesta demokrasi 2024," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan Nasruddin di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Selasa usai melantik petugas PPS terpilih.

Sebelumnya KPU Kota Tarakan juga merekrut anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan merupakan perlengkapan dari Badan Ad Hoc untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

"Setelah merekrut PPK, kita juga merekrut PPS dan melantik, dimana sebelumnya melalui proses yang sangat panjang. Mulai dari penelitian administrasi dan kemudian tes tertulis dalam bentuk CAT (Computer Assisted Test) kemudian wawancara," kata Nasruddin.

Dari ratusan orang yang mendaftar, terpilihlah 60 orang yang hari ini dilantik . Mereka nanti bertugas di masing - masing kelurahan untuk mengawal setiap tahapan kelurahan salah satunya dengan pemutakhiran data pemilih.

Selain itu, bertugas mengamankan kotak suara dari KPU ke TPS kemudian dari TPS kembali ke KPU.

Anggota PPS bertugas di 20 kelurahan, dimana masing - masing kelurahan ada tiga anggota PPS.

Anggota PPS juga harus meningkatkan kapasitasnya dalam bekerja serta melakukan konsolidasi internal, penguatan internal, kemudian koordinasi dengan pejabat setempat dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungannya masing - masing.

"Mulai hari ini anggota PPS mulai bekerja sampai dua bulan setelah pemilu berakhir. Kurang lebih 14 bulan masa kerja," katanya.

Sebelumnya Nasruddin sudah melantik 20 anggota PPK untuk Kecamatan Tarakan Tengah, Tarakan Timur, Tarakan Barat dan Tarakan Utara.

Sementara itu, anggota PPK yang dilantik tersebut untuk Tarakan Tengah yakni Akbar, Zulfikar, Achmad Kadri Darwis, Rahmatan dan Januadi Rombe. Selanjunya Tarakan Timur anggota PPK yang dilantik yakni Sukri Rabin Agus, Ade Armansa, Syahrul Bahri, Nuri Soraya dan Nur Pahima.

Kemudian Tarakan Barat yang dilantik yakni Amiruddin, Kurnia, Ardy Syakhdan, Riswanto dan Johnson. Selanjutnya Tarakan Utara yakni Mawardi, Muhammad Askar, Sumarsih, Nina Riyana dan Ismanto Rahmat Mukmin.
Baca juga: Sembilan bacalon DPD RI dari Kaltara memenuhi syarat dukungan minimal