Gubenur Kaltara ganjar Zero Accident Award 2024 untuk 15 perusahaan

id Perusahaan,Ketenagakerjaan

Gubenur Kaltara ganjar Zero Accident Award 2024 untuk 15 perusahaan

Ilustrasi - Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang memberikan santunan jaminan kecelakaan kerja secara simbolis kepada salah satu ahli waris pekerja pada Apel Bulan K3 di Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, Senin (5/2/2024). (ANTARA/HO-DKISP Kaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara)Zainal A Paliwang memberikan penghargaan Zero Accident Award 2024 kepada 15 perusahaan yang berhasil menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerjanya.
“Penghargaan ini penting agar perusahaan terus meningkatkan budaya K3 di tempat kerja,” kataZainal A Paliwang di Malinau, Senin.
Penghargaan tersebut diserahkan pada apel Bulan K3 Nasional di salah satu lokasi perusahaan tambang di Desa Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, Senin.
Zero Accident Award 2024 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang tidak mengalami kecelakaan kerja selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.
Gubernur Zainal mengatakan K3 kunci penting pembangunan ekosistem ketenagakerjaan unggul. Dengan budaya K3 yang baik, perusahaan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, serta menunjang pembangunan nasional dan daya saing global.
“Kami mengajak pengurus perusahaan untuk menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) secara konsisten sesuai perundangan berlaku sehingga budaya K3 melekat setiap individu dalam mewujudkan peningkatan produktivitas kerja,” ujarnya.
Ia juga berpesan kepada tenaga kerja agar meningkatkan budaya K3 di tempat kerja, sebagai bentuk kontribusi menjaga aset dan mendukung keberlangsungan usaha.
Pada kesempatan tersebutGubernur Kaltaraitu menyerahkan bantuan untuk masyarakat sekitar lokasi perusahaan, berupa sambungan listrik gratis kepada 24 Kepala Keluarga (KK)di Kecamatan Malinau Selatan, dan iuran BPJS Kesehatan 1 tahun kepada 95 orang di Desa Long Loreh, Desa Langap, Desa Nunuk Tanah Kibang, dan Desa Sengayan.
Ia juga menyerahkan santunan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris pekerja Pemda Malinau dan salah satu perusahaan.
Apel Bulan K3 Nasional itu dihadiri para pejabat daerah, perwakilan perusahaan, dan para pekerja. Apel juga diisi dengan pembacaan sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) yang mengangkat tema “Budayakan K3, Sehat, dan Selamat, dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.