Harinto: FKPT berperan strategis bagi akselerasi informasi, deteksi dini dan cegah terorisme

id Fkpt,Bnpt

Harinto: FKPT berperan strategis bagi akselerasi informasi, deteksi dini dan cegah terorisme

Harinto: FKPT berperan strategis bagi akselerasi informasi, deteksi dini dan cegah terorisme  (HO/BNPT)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme yang diikuti seluruh perwakilan pengurus FKPT se Indonesia di 34 FKPT di Hotel Royal Kuningan Jakarta, 19-22 Februari 2024.

Salah satu rangkaian kegiatan pada acara tersebut adalah pembagian komisi-komisi, komisi bidang agama, sosial dan budaya, komisi bidang perempuan, anak dan remaja komisi bidang pemuda dan Pendidikan, komisi bidang media massa, hukum dan humas serta bidang penelitian.
Rapat Kerja Nasional FKPT diharapkan menjadi ajang silaturahmi, presentasi dan diskusi, merancang program kegiatan selama 1 (satu) tahun dan Rakernas FKPT adalah salah satu upaya BNPT untuk meningkatkan kualitas program pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme, baik substansi dan teknis kegiatan, maupun akuntabilitas keuangan dan kelembagaan.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat Kolonel sus. H. Dr. Harinto., M.Pd, mengatakan bahwa Pengurus FKPT memainkan peran akselerasi informasi, deteksi dini, serta melaksanakan kebijakan dan strategi pencegahan terorisme di masing-masing daerah.

“Pengurus FKPT di 34 provinsi dan 2 kabupaten memainkan peran akselerasi informasi, deteksi dini serta melaksanakan kebijakan dan strategi pencegahan terorisme di masing-masing daerah.” Ujar Dr. Harianto.

Harianto menambahkan bahwa pencegahan radikalisme dan terorisme bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh lapisan masyarakat. FKPT berkomitmen untuk terus bekerjasama demi menciptakan lingkungan yang damai untuk semua warga Indonesia.

“Dengan tugas dan tujuan mulia tersebut, anggota FKPT diharapkan dapat pula merangkul semua pihak di daerah dengan semangat kebangsaan dalam penanggulangan radikalisme terorisme demi menciptakan lingkungan yang damai.”

Sementara itu Ketua FKPT Maluku Abdul Rauf mengatakan kegiatan yang mengusung tema bersatu melaju untuk Indonesia maju juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam upaya mencapai visi kemajuan ini.

Dengan bersatu FKPT diharapkan dapat mengatasi berbagai tantangan Bersama-sama termasuk menghadapi paham radikalisme terorisme di tengah- tengah masyarakat.

“ini adalah partisipasi masyarakat berkontribusi dalam pencegahan radikalisme terorisme, FKPT diharapkan dapat mengatasi berbagai tantangan Bersama-sama termasuk menghadapi paham radikalisme terorisme di tengah- tengah masyarakat”.

Rapat Kerja Nasional FKPT ke-XI menghasilkan serangkaian rekomendasi dan keputusan yang menjadi dasar untuk perencanaan program kerja ke depan, FKPT berkomitmen untuk terus bekerja keras demi kemajuan BNPT dalam mencegah paham radikalisme terorisme.
Baca juga: Kepala BNPT : Tetap waspada meski "zero terrorist attack"
Baca juga: Peran FKDM Kaltara dalam deteksi dan cegah dini jelang Pemilu 2024
Baca juga: Kepala BNPT paparkan sejumlah isu penting akhir tahun 2023
Baca juga: Telaah - Cegah radikalisme bagi generasi muda di beranda negara
Baca juga: BNPT: Perempuan berperan strategis cegah radikalisme