Polda Kaltara Laksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Dasar Sabhara

id Polda

Polda Kaltara Laksanakan Latihan Peningkatan Kemampuan Dasar Sabhara

Polda Kalimantan Utara melaksanakan latihan peningkatan kemampuan dasar Sabhara untuk Bintara Remaja angkatan 50/54 di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu (8/5). ANTARA/HO-Direktorat Sabhara Polda Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Polda Kalimantan Utara melaksanakan latihan peningkatan kemampuan dasar Sabhara untuk Bintara Remaja angkatan 50/54 yang baru dilantik dan menjalani masa orientasi.

"Guna menambah pengetahuan fungsi teknis Kepolisian khususnya Sabhara dan meningkatkan profesionalitas maka mereka mengikuti latihan peningkatan kemampuan dasar Sabhara yang berlangsung mulai tanggal 6 - 31 Mei 2024," kata Direktur Samapta Polda Kaltara Kombes Pol Joko Heri Purwono di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu.

Adapun kemampuan yang dilatih adalah pengaturan lalu lintas, penjagaan, pengawalan, patroli, pengendalian massa, negosiator, pengurai massa, teknik mengemudi ranmor R2/R4, tindakan pertama di tempat kejadian perkara, beladiri, SAR dan penanganan karhutla.

Jumlah Bintara Remaja angkatan 50/54 yang mengikuti latihan ini sebanyak 339 orang, 13 orang diantaranya adalah polwan.

"Selain melatih kemampuan teknis Sabhara para peserta juga mengikuti pembinaan mental dan fisik," kata Joko.

Tujuan latihan ini adalah Bintara Remaja yang akan ditempatkan pada satuan kerja khususnya Polres jajaran sudah memiliki kemampuan dasar Sabhara yang mumpuni.

"Serta memiliki mental dan fisik yang baik sehingga dapat melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya," jelas Joko.
Baca juga: Peresmian Gedung TK Kemala Bhayangkari 03 Tanjung Selor
Baca juga: Kapolda Kaltara Hadiri Acara Pisah Sambut Kasrem 092/Maharajalila