Gubernur Kaltara Raih Piagam dan Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kemendes PDTT

id Pemprov

Gubernur Kaltara Raih Piagam dan Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kemendes PDTT

Dinilai Tangguh Dalam Pengembangan Inovasi TTG, Gubernur Kaltara Raih Piagam dan Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kemendes PDTT  (dkisp)

Tanjung Selor (ANTARA) - ///dkisp///

PENGHARGAAN : Piagam penghargaan dari Kemendes-PDTT diberikan kepada Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum atas dedikasnya mengembangkan inovasi TTG.

Dinilai Tangguh Dalam Pengembangan Inovasi TTG, Gubernur Kaltara Raih Piagam dan Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kemendes PDTT

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum menerima piagam dan Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

Piagam dan lencana ini disematkan oleh Mendes PDTT, Prof (HC) Dr (HC) Abdul Halim Iskandar, M.Pd kepada Gubernur Kaltara pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXV di Lapangan Islamic Center Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (15/7) lalu.

“Alhamdulillah karena Bapak Gubernur Kalimantan Utara juga mendapatkan Piagam Penghargaan dan Lencana Abdi Desa karena kontribusi dan kerja kerasnya membina inovasi desa,"kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaltara, Edy Suharto.

Edy (sapaan akrabnya) mengungkapkan piagam penghargaan ini diperoleh atas upaya dan kerja keras gubernur dalam membina dan memberikan motivasi dalam pengembangan inovasi teknologi tepat guna (TTG) di provinsi Kaltara.

Ia bersyukur dalam setiap tahunnya Kaltara selalu mendapatkan juara dan pada tahun 2024 ini mendapat 2 Juara, yaitu Juara 1 Posyantek Berprestasi dan Juara 2 Inovasi TTG Unggulan.

“Kami dari Dinas PMD Kaltara setiap tahunnya mendorong dan membina inovator TTG di 447 desa dan 35 kelurahan di Kaltara, untuk selalu mencari dan menciptakan inovasi yang membantu masyarakat desa dalam berbagai hal seperti pengembangan dan peningkatan produksi pertanian, industri rumah tangga dan sebagainya,” jelasnya.

“Setiap tahunnya kita adakan Lomba dan para pemenang juara 1 kita akan ikutkan lomba inovasi TTG dan Posyantek Tingkat Nasional,” katanya.

Sebelumnya, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memboyong 2 penghargaan dalam ajang bergengsi Gelar TTG Nusantara XXV Tahun 2024.

Edy menyebutkan peserta Lomba TTG dan Posyantek dari Provinsi Kaltara selama ini dibina dan difasilitasi langsung oleh Gubernur Kaltara, DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum melalui Dinas PMD Kaltara, ini sukses menorehkan prestasi di tingkat nasional.

“Juara 1 tingkat nasional kategori Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek TTG) diraih oleh Posyantek Karya Mandiri dari Desa Sempayang, Kabupaten Malinau di ketuai Joser Febrianto dan pembinanya Kepala Desa Sempayang Bapak Aprem,” ujarnya

“Pada juara 2 tingkat nasional kategori TTG Unggulan diraih oleh Tim IoT Energy Tarakan yang diketuai oleh Ferdianto dan kawan-kawan, inovasinya berupa Alat Pendeteksi Kebocoran Pipa Gas Sambungan Rumah, tim ini mendapatkan pendampingan dari PT. Pertamina EP Tarakan,” sambungnya.

Ia menuturkan para pemenang selain mendapatkan piagam dan piala juga mendapatkan uang pembinaan, untuk juara 1 sebesar Rp. 25 Juta, juara 2 Rp 15 juta serta fasilitas transportasi tiket pesawat, hotel dan akomodasi selama di Lombok dari Kementerian Desa PDTT.

Capaian tersebut tidak lepas dari dukungan pemerintah, Gubernur Kaltara secara langsung menyerahkan piagam, piala, Rp 10 juta, biaya perjalanan dan akomodasi kepada para pemenang juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili lomba TTG tingkat nasional pada acara Rembuk Desa di Tarakan (4/7/2024) lalu.

Lebih lanjut Edy mengatakan dalam ajang TTG Nusantara ini ada berbagai kegiatan seperti seminar internasional, temu bisnis, rapat kerja teknis dan stand pameran TTG. Terkhususnya untuk stand Pameran Alat - Alat TTG di lombakan, Dinas PMD Kaltara turut serta membuka 1 stand pameran.

“Kami berharap stand pameran Dinas PMD Kaltara juga bisa mendapatkan juara, jika stand kita mendapatkan juara, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara akan mendapatkan Juara Umum,” tuntasnya.(dkisp)

Baca juga: Lapas Tarakan Berdayakan Warga Binaan Membuat Kerajinan Mebel
Baca juga: Pemprov dan DPRD Sepakati Ranperda RPJPD Tahun 2025-2045