Kondisi Geografis Tarakan Memiliki Potensi Bencana yang Tinggi

id Pemkot

Kondisi Geografis Tarakan Memiliki Potensi Bencana yang Tinggi

Penjabat Wali Kota Tarakan Bustan membuka acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kelurahan Mamburungan, Tarakan, Sabtu (3/8). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Tarakan Bustan
menekankan pentingnya pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan warga.

"Bahwa kondisi alam, geografis, dan demografis Kota Tarakan dan Kalimantan Utara pada umumnya memiliki potensi bencana yang tinggi," kata Bustan membuka acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kelurahan Mamburungan, Tarakan, Sabtu.

Bustan mengatakan oleh sebab itu upaya preventif harus dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk mengurangi risiko bencana.

Dia menambahkan bahwa meskipun bencana alam tidak dapat dihindari, tindakan pencegahan dan mitigasi dapat dilakukan untuk mengurangi dampak bencana.

Pemerintah Kota Tarakan dalam hal ini telah menyediakan berbagai alat dan fasilitas untuk mendukung pelatihan ini.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan, warga Kelurahan Mamburungan akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi berbagai jenis bencana, baik alam maupun buatan manusia.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Wali Kota juga mengingatkan pentingnya netralitas ASN dalam menyambut proses Pilkada yang akan datang.

Ia mengajak masyarakat untuk cerdas dalam bermedia sosial dan tidak mudah termakan hoaks, serta mendorong untuk tidak menyebarkan informasi tanpa verifikasi.

“Mari dewasa dalam berdemokrasi dan bersama-sama menyukseskan Pilkada,” kata Bustan.
Baca juga: Tarakan beri 189 beasiswa berprestasi
Baca juga: Pentingnya Edukasi Memberikan Makanan Sesuai Dengan Kebutuhan Anak