Kapolda Kaltara mulai mendatangi pos kamling di Tarakan

id Polres, Polda

Kapolda Kaltara mulai mendatangi pos kamling di Tarakan

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Hary Sudwijanto bersama Kapolres Tarakan AKBP Adi Saptia Sudirna menemui warga di Pos Kamling di Tarakan pada Senin malam (19/8). ANTARA/HO-Humas Polres Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Hary Sudwijanto bersama Kapolres Tarakan AKBP Adi Saptia Sudirna menemui warga di Pos Kamling RT 06 Kelurahan Kampung Empat, Tarakan pada Senin malam (19/8).

"Kehadiran aparat kepolisian di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat membantu permasalahan," kata Hary dihadapan warga RT 06 Kelurahan Kampung Empat.

Dia menambahkan jika ada masalah terkait dengan keamanan agar segera dilaporkan dengan aparat keamanan di sini yakni Babinsa dan Babhinkamitibmas.

"Keduanya bekerja sama bersama Pak Lurah bertugas untuk menyambung harapan masyarakat untuk sampai ke pimpinan TNI maupun pimpinan Polri juga ke pak Gubernur," kata Kapolda.

Hary mengatakan di samping tugas ke depan semakin berat, tentu pihaknya butuh dukungan dari masyarakat paling tidak memberikan informasi bisa melalui nomor yang telah diberikan oleh Babhinkamitibmas setempat sehingga masalah bisa diselesaikan di tingkat RT dan kelurahan.

"Agar diselesaikan dengan baik sehingga tidak sampai muncul ke permukaan, sehingga membuat kegaduhan. Kita berupaya penegakan hukum adalah langkah yang paling terakhir," kata Kapolda.

Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa sistem keamanan ini harus dijaga sehingga semua warga bisa merasakan manfaatnya.

"Kalau masalah keamanan tidak kita selesaikan bersama-sama, nanti akan sulit apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi Pilkada dan saya titip situasi kamtibmas di tempat kita harus tetap terjaga dengan baik," ujarnya.

Bismar Sanusi salah satu warga setempat menyampaikan apresiasi atas kunjungan Kapolda di Kota Tarakan.

"Ke depannya kami berharap kegiatan serupa tetap dilaksanakan agar silahturahmi antara masyarakat dan pihak kepolisian terjalin dengan baik," kata Bismar.

Warga lainnya, Tamrin turut menyampaikan bahwa dengan kunjungan rutin dari kepolisian diharapkan terus ditingkatkan agar hubungan masyarakat dan pihak kepolisian terjalin dengan baik.

Azis warga Kampung Empat tak ketinggalan menyampaikan selama ini masalah kerusuhan sudah tidak ada mengingat pengalaman di tahun 2010 di Kota Tarakan.

Ia berharap hal serupa tidak terulang kembali karena dampak yang ditimbulkan sangat merugikan masyarakat.

"Peran kami sebagai warga ketika terjadi keributan kami akan segera melaporkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti sehingga tidak terjadi kerusuhan yang berkelanjutan," kata Azis.

Kapolres Tarakan AKBP Adi Saptia Sudirna menyebutkan bahwa kegiatan selesai pukul 22.35 Wita. Kegiatan dirangkai pemberian bantuan Kapolda Kaltara untuk menunjang tugas di Poskamling RT 06 berupa senter dan jas hujan.

Kemudian pukul 22.40 Wita, rombongan Kapolda menuju ke Poskamling RT. 17 Kelurahan Karang Balik.

Kapolres Tarakan menyampaikan bahwa Kapolda Kaltara menyampaikan ke warga jika ada kejadian agar warga masyarakat dapat melaporkan ke pihak kepolisian baik ke Bhabinkamtibmas atau ke Polsek terdekat.

"Kapolda berharap selama berdinas di Kalimantan Utara, agar silaturahmi seperti ini harus terus dilakukan agar menciptakan situasi dan kondisi yang baik," kata Kapolres.

Kapolda juga memberikan bantuan untuk menunjang tugas di poskamling RT. 17 Karang Balik berupa senter dan jas hujan.

"Kegiatan tersebut merupakan Program Bapak Kapolda Kaltara untuk melakukan Kunjungan ke Pos Kamling yang ada di Wilayah Kalimantan Utara," kata Adi.

Maksud dan tujuan kunjungan Kapolda ke Pos Kamling guna mendekatkan diri kepada masyarakat Kalimantan Utara. Sekaligus mendengar beberapa keluhan dari masyarakat.
Baca juga: Kapolda Kaltara Menghadiri Apel Kehormatan Dan Renungan Suci
Baca juga: Silaturahmi Kapolda Irjen Pol Hary Sudwijanto dengan Gubernur Kaltara