Nunukan ekspor perdana rumput laut ke Korsel

id ekspor rumput laut, pelabuhan tunon taka, pemkab nunukan, PT Pelindo nunukan,pemkab nunukan

Nunukan ekspor perdana rumput laut ke Korsel

Kontainer yang berisi rumput laut yang akan diekspor ke Korsel di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis (17/1). Foto: Rusman

Nunukan (Antaranews-Kaltara) - Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melakukan ekspor perdana rumput laut ke Korea Selatan sebanyak 63 ton.
Asisten Perekonomian Pemkab Nunukan, Robby Nahak Serang di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kamis menyatakan, ekspor rumput laut ini memang langkah perdana dari seluruh permintaan negara tersebut.
Ia menegaskan, sesuai kontrak kerja dengan Korsel tidak membatasi kebutuhan rumput laut dari Kabupaten Nunukan.
Bahkan ke depannya, kata Robby, ekspor disesuaikan dengan kemampuan daerahnya sehingga peluang ini sedapatmungkin dimanfaatkan Pemkab Nunukan dengan sebaik-baiknya.
Sehubungan dengan peluang tersebut, Pemkab Nunukan akan melakukan langkah antisipasi agar stok tidak kurang ketika permintaan Korsel meningkat.
Antisipasi tepat yang bakal dilakukannya adalah mendorong pembudidaya meningkatkan produksi, kualitas dan standar lainnya yang ditentukan Korsel, kata Robby.
"Korsel ini tidak membatasi permintaan rumput laut dari Nunukan. Makanya perlu mengantisipasi agar stok tidak kurang apabila ada permintaan lagi termasuk menjaga kualitas," sebut Asisten Bidang Perekonomian Pemkab Nunukan ini.
Selain tiga kontainer rumput laut yang diekspor ke Korsel, sebanyak 31 kontainer juga diangkut pada kapal ekspedisi yang sama, rumput laut Kabupaten Nunukan dibeli pengusaha Surabaya.
Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Pelindo IV Cabang Nunukan, Muh Ilyas menyatakan, jumlah ekspor perdana ini tiga kontainer masing-masing berisi 21 ton.
Jadi, totalnya sebanyak 63 ton dimana pengangkatannya dari Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan menuju Surabaya Jawa Timur selanjutnya menuju Busan Korsel.
Lama perjalanan kata dia, sekira tiga hari ke Surabaya ditambah tiga pekan menuju Busan dimana kontainer ini langsung menuju negara tujuan dalam bentuk mentah.
Menurut Muh Ilyas, ekspor rumput laut tujuan Korsel ini merupakan langkah brilian yang dilakukan Pemkab Nunukan.
Pada intinya PT Pelindo IV Cabang Nunukan senantiasa mendukung langkah Pemkab Nunukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah itu.