Gubernur sambut baik ekspor perdana LNG dari Simenggaris di Tarakan

id Medco

Gubernur sambut baik ekspor perdana LNG dari Simenggaris di Tarakan

PT Kayan LNG Nusantara dan JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) secara resmi melaksanakan upacara peluncuran ke laut pengapalan perdana ekspor Liquid Natural Gas (LNG) dari gas bumi wilayah kerja Simenggaris di pelabuhan Malundung, Tarakan. ANTARA/HO-JOB Simenggaris.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara menyambut baik ekspor perdana Liquid Natural Gas (LNG) dari gas bumi wilayah kerja Simenggaris di pelabuhan Malundung, Tarakan oleh PT Kayan LNG Nusantara dan JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) awal pekan ini.

“Alhamdulillah, selaku pribadi dan sebagai gubernur saya sangat bangga dan mengapresiasi karena telah terlaksananya Sail Away Perdana LNG PT. Kayan LNG Nusantara ini berlangsung," kata ZainalA Paliwang, Gubernur Kaltata di Tanjung Selor, Kamis.

Dia mengungkapkan rasa bangga dan apresiasidan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, terlebih ini adalah momen yang bersejarah yang bukan hanya bagi PT. Kayan LNG Nusantara tetapi juga bagi Kaltara.

“Ini merupakan momen bersejarah bagi kita semua. Dan dengan pengapalan perdana ini adalah bukti nyata bahwa Provinsi Kaltara memiliki potensi dalam bidang energi," kata Zainal.

Gubernur Kaltara berbangga menjadi salah satu provinsi yang menjadi produsen dan eksportir LNG yang membawa devisa bagi negara.


Sementara itu, General Manager JOB Simenggaris, Avep Disasmita menyatakan bahwa keberhasilan Kayan LNG membangun kilang mini LNG dan memproduksi LNG ini serta pengapalan LNG perdana, merupakan perjalananpenting bagi JOB Simenggaris.

Adapun pengapalan perdana ekspor Kayan LNG ini akan dikirim menuju Provinsi Fujian, China dengan estimasi volume LNG yang diekspor adalah 1.800 ton menggunakan 99 buah LNG iso-tank ukuran 40 feet.

Pengapalan perdana ini merupakan salah satu kontribusi sektor migas sebagai sumber pendapatan negara.

Seremoni ini berlangsung sebagai bentuk komitmen dan tindak lanjut terhadap Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) dengan volume 22 Juta kaki kubik gas yang telah ditandatangani pada tanggal 20 Mei 2020 lalu antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris dan PT Medco E&P Simenggaris.

"Selaku penjual gas bumi dengan PT Kayan LNG Nusantara selaku pembeli gas dari wilayah kerja Simenggaris yang dioperasikan JOB Simenggaris serta tindak lanjut dari Commissioning Ceremony Mini LNG Plant Kayan LNG yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 30 April 2023," kata Avep.

Hal ini merupakan bentuk dan wujud sinergi antara JOB Simenggaris dengan PT Kayan LNG Nusantara yang bukan hanya melakukan operasi bersama untuk pengaliran dan penyerapan gas sehari-hari.

Namun juga merupakan sebuah kerja sama strategis yang sangat baik dan dapat menjadi pionir bagi perusahaan-perusahaan lain yang berinvestasi di Kaltara sebagai modal pembangunan dan penggerak industri nasional.

Gas akan disuplai oleh JOB Simenggaris kepada PT Kayan LNG Nusantara untuk alokasi LNG domestik dan juga ekspor dengan total volume penjualan gas sebesar 22 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Proyek kerja sama strategis ini diharapkan mampu memberikan peningkatan perekonomian di Kaltara serta memberikan efek berganda bagi bidang usaha lainnya di Kaltara.

"Dengan kesiapan kilang mini LNG ini, JOB Simenggaris dapat memulai operasi skala penuh pada fasilitas produksi gas yang telah dibangun, sehingga dapat mengalirkan gas kepada para pembeli gas," kata Avep.

Hal lain, yakni bisa memberikan pendapatan bagi Perusahaan dan tentunya Pemerintah, serta diharapkan menciptakan efek berganda bagi perkembangan dan kemajuan perekonomian di Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Nunukan serta Provinsi Kaltara pada umumnya.