Pasangan ZIYAP akan perhatikan sektor pendidikan

id Pilgub

Pasangan ZIYAP akan perhatikan sektor pendidikan

Pasangan Calon Gubernur Kalimantan Utara nomor tiga, Zainal Arifin Paliwang saat bertemu warga di Kelurahan Mamburungan, Senin (12/10). Dokumen Media Center ZIYAP

Tarakan (ANTARA) - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara nomor tiga, Zainal Arifin Paliwang - Yansen Tipa Padan (ZIYAP) yang akan menjadi salah satu sektor perhatian ZIYAP adalah pendidikan.

"Bukan hanya pendidikan umum, tapi juga pendidikan agama. Nanti dananya akan saya besarkan, kita akan berupaya mendapatkan alat peraga pembelajaran. Juga guru-guru honor akan saya perhatikan khusus, mohon doanya,” kata Zainal di Kelurahan Mamburungan, Tarakan, Senin.

Dia sempat dialog bersama warga, beberapa keluhan pun disampaikan. Seperti dikatakan Masniati, warga RT 12 yang mengeluhkan biaya sekolah mahal.

Agar bisa meringankan biaya sekolah dan mempunyai empat anak tapi keterbatasan biaya, bagaimana cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar semua anaknya bisa sekolah.

Zainal mengatakan KIP merupakan program pusat, yang biasanya ada kuota. Namun dirinya akan berkoordinasi untuk mencari jalan keluar terkait persoalan ini.

“Sehingga anak-anak yang sudah waktunya sekolah akan sekolah," katanya. Lalu sarana dan prasarana seperti gedung sekolah, khususnya bangunan SMA dinilai masih kurang, sehingga akan ditambah. Hal ini juga untuk menghindari kekurangan kuota peserta didik baru yang kerap menjadi masalah saat PPDB.

Kemudian yang tak kalah penting adalah infrastruktur jalan yang ada di daerah tersebut. Menurut mantan Wakapolda Kaltara ini, banyak kondisi jalan yang sudah rusak. Sehingga membahayakan bagi pengguna jalan, apalagi yang bermotor.

Pada Pilgub Kaltara 2020 ditetapkan tiga pasang Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kaltara yakni nomor urut satu pasangan Udin Hiangio - Undunsyah (U2OK), nomor urut dua pasangan Irianto Lambrie - Irwan Sabri (IRAW) dan nomor urut tiga pasangan Zainal Arifin Paliwang - Yansen Tipa Padan (ZIYAP).
Baca juga: Irianto blusukan ke pasar Beringin dan Dayak di Tarakan
Baca juga: Warga Tarakan antusias menangkan Udin-Undun

Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar