Gubernur : Kaltara Terbuka untuk Kerja Sama yang Menguntungkan Masyarakat

id Pemprov

Gubernur : Kaltara Terbuka untuk Kerja Sama yang Menguntungkan Masyarakat

Penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan Direktur Eksekutif YKAN Herlina Hartanto yang disaksikan oleh anggota Dewan Pengawas YKAN Sarwono Kusumaatmadja bersama Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris. ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan bahwa wilayahnya terbuka untuk pihak yang akan melakukan kerjasama untuk keuntungan masyarakat.

"Pemprov Kaltara terbuka untuk menjalin kerja sama dengan yayasan atau organisasi lainnya," kata Zainal di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut terkait penandatanganan kerja sama antara Pemprov Kaltara dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) tentang pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, yang dilaksanakan di Jakarta, Senin (4/10).

Dia mengatakan kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti Bapeddama-Litbang Kaltara guna melaksanakan program selanjutnya antara Pemprov Kaltara dengan YKAN.

“Untuk kedepannya kita juga harapkan beberapa yayasan atau kelompok-kelompok yang bisa bekerja sama dengan Provinsi Kaltara," kata Gubernur.

Namun kerjasamanya bukan hanya mangrove saja, tetapi tentang kerja sama di bidang lainnya. Pemprov Kaltara sangat terbuka untuk beberapa program atau kegiatan yang bisa menguntungkan masyarakat.

Penandatanganan Nota Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin PaliwangdanDirektur Eksekutif YKAN Herlina Hartantoyang disaksikan oleh anggota Dewan Pengawas YKAN Sarwono Kusumaatmadja bersama Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris dan Kepala Bappeda-Litbang Risdianto.

Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk menegaskan kembali kerjasama yang telah ditandatangani pada September tahun 2020 lalu. Karena pergantian kepala daerah, MoU ini diperlukan sebagai dasar bagi YKAN untuk melanjutkan pekerjaannya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif YKAN Herlina Hartanto mengatakan dalam sambutannya, kesepakatan bersama ini sangat penting karena menjadi bukti agar YKAN dapat melaksanakan pekerjaan-pekerjaan sebelumnya.

“Kami melihat Provinsi Kalimantan Utara ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Kita tahu betapa luasnya hutan Mangrove di Kaltara, kemudian ada gambut, dan Taman Nasional Kayan Mentarang,” kata Herlina.

Melihat potensi yang ada di Kaltara, YKAN siap untuk mendukung Kaltara dalam pengelolaan Sumber Daya Alam secara berkelanjutan.

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun, Pemerintah Kalimantan Utara dan YKAN akan bersama-sama melakukan upaya penguatan di bidang perencanaan tata ruang, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia.
Baca juga: Nilai Tukar Petani di Kaltara Alami Kenaikan Pada September 2021
Baca juga: PON Papua - Singal dan Batik Kaltara Turut Meriahkan Pembukaan PON XX


Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2021